JAKARTA, BALIPOST.com – Menjelang akhir tahun, jumlah pelancong yang berlibur ke luar negeri mengalami peningkatan. Menurut data dari hubud.dephub.go.id, jumlah wisatawan Indonesia yang pergi ke luar negeri kurun waktu Desember 2018 – Januari 2019 meningkat 14,12 persen dibandingkan di periode yang sama pada 2017. Pemesanan hotel di luar negeri pun meningkat di kuartal IV.

Kondisi ini pun dimanfaatkan Mister Aladin dengan mengadakan travel fair untuk ketiga kalinya dengan nama “Mister Aladin Travel Carnival” pada 30 September – 6 Oktober 2019. Tema carnival dipilih sebagai bentuk penyambutan terhadap kemeriahan masa liburan akhir tahun dan ragam produk Mister Aladin yang makin bertambah.

Acara ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi online di aplikasi Mister Aladin pada 30 September – 6 Oktober dan sesi offline di tanggal 3 – 6 Oktober bertempat di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka. Selain memberikan beragam promo, travel fair tahun ini juga menjadi ajang peluncuran resmi fitur Pesawat Internasional dan Kereta Api di Mister Aladin.

Data Mister Aladin di kuartal IV 2018 menunjukkan pemesanan hotel di Bangkok meningkat sebesar 54 persen, Kuala Lumpur 48 persen, dan Penang 40 persen dibandingkan kuartal III. Tidak hanya Asia, semakin banyak pula orang yang memesan hotel di Eropa dan peningkatannya mencapai 2,3 kali lipat pada akhir tahun 2018 lalu.

Meskipun destinasi luar negeri diprediksi akan lebih populer di akhir tahun ini, beberapa destinasi domestik juga masih diminati wisatawan Indonesia. Hal ini terlihat dari data di Mister Aladin yang menunjukkan bahwa peningkatan pemesanan hotel di kuartal IV 2018 yang paling besar adalah Yogyakarta (53 persen), disusul Malang (50 persen), dan Bandung (30 persen) dibandingkan di kuartal III tahun 2018.

Baca juga:  Tinggi, Minat Warga Bangli Kerja di Luar Negeri

Mister Aladin melihat peningkatan jumlah wisatawan yang pergi ke luar negeri dan ke beberapa destinasi di Pulau Jawa adalah sebuah potensi yang perlu diakomodasi. Inilah yang menjadi alasan peluncuran fitur Pesawat Internasional dan Kereta Api secara resmi dalam acara Mister Aladin Travel Carnival.

Kereta api juga makin digemari karena beberapa alasan, antara lain harganya terjangkau, nyaman, dan rutenya melalui banyak destinasi Instagenic baru. Tidak hanya itu, kenaikan penjualan tiket kereta di Mister Aladin sudah terlihat sejak soft launching di bulan April 2018.

“Fitur Kereta Api dan Pesawat Internasional diluncurkan untuk menyeimbangkan permintaan dari pelanggan kami yang semakin tinggi. Kami optimis peluncuran kedua fitur ini akan membuat penjualan secara keseluruhan di tahun 2019 meningkat. Terlebih dengan tren jumlah transaksi di kuartal IV yang selalu lebih besar dibanding kuartal III,” kata Veranika Gunawan, Chief Executive Officer Mister Aladin.

Menurut survei yang dilakukan Mister Aladin, rata-rata masyarakat Indonesia traveling sebanyak 2 – 7 kali dalam setahun untuk tujuan berbisnis dan berlibur. “Hal ini menunjukkan bahwa traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup,” lanjut Vera.

Ditambahkan Nitha Sudewo, Chief Operating Officer Mister Aladin karena travel fair tahun ini juga jadi ajang peluncuran resmi dan promosi fitur Pesawat Internasional, pihaknya bekerja sama dengan Arabian Adventures untuk memberikan paket spesial serta promo menarik liburan di Dubai. “Beberapa orang beruntung juga akan mendapatkan paket tur dan hotel gratis di negara tersebut,” lanjut Nitha. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.