Suasana pelantikan anggota DPR/MPR RI. (BP/dok)

JAKARTA, BALIPOST.com – Sebanyak 575 Anggota DPR RI hasil Pemilu 2019 sah dilantik di Gedung Nusantara di Kompleks MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta Selasa (1/10). Mereka akan bekerja untuk periode 2019-2024.

Selain melantik anggota DPR, rapat paripurna gabungan tersebut juga melantik 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2019-2024. Juga pelantikan anggota MPR RI periode 2019-2024 yang merupakan gabungan dari DPR dan DPD.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 98/P/2019 tentang peresmian anggota DPR periode 2019-2024 oleh Sekjen DPR Indra Iskandar. Setelah itu, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali pun mengambil tempat di sisi podium.

Baca juga:  Bahas Visi Makmurkan Indonesia, Anies Baswedan Temui Pengurus PWI Pusat

Sejumlah perwakilan anggota DPR maju ke depan podium sidang. Masing-masing tokoh agama lantas mengambil tempat berdiri di samping para perwakilan anggota DPR terpilih itu dengan membawa kitab suci.

Para anggota DPR pun disumpah. Para legislator baru itu mengucapkan janji dan sumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing. “Apakah saudara bersedia bersumpah menurut agama dan kepercayaan saudara masing-masing?” ujar Hatta kepada wakil rakyat baru itu.

Pelantikan serupa juga dipandu Ketua MA Hatta Ali untuk anggota DPD dan MPR RI.
Sementara itu, acara pelantikan sendiri dipimpin oleh pimpinan sementara denvan mekanisme menunjuk anggota tertua dan termuda sebagai pimpinan sementara.

Baca juga:  10 Bulan Terakhir, Pendapatan Negara Melonjak Belasan Persen

Sabam Sirait (83) yang terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) daerah pemilihan DKI Jakarta menjadi pemimpin sementara sidang paripurna pelantikan anggota DPD dan MPR.
Untuk proses pelantikan anggota MPR priode 2019-2024, Sabam Sirait didampingi anggota termuda DPR Hillary Brigitta Lasut memimpin sidang yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sedangkan di DPD, Sabam Sirait didampingi Jialika Maharani (22 tahun) dari dapil Sumatera Selatan) memimpin sidang paripurna pelantikan 135 anggota DPD. Sementara anggota DPR dari dapil Sumatera Utara I bdul Wahab Dalimunthe (80 tahun) dari Fraksi Partai Demokrat menjadi pemimpin sementara proses pelantikan anggota DPR RI priode 2019-2024.

Baca juga:  Keluarkan SE, Menteri Tito Minta Kepala Daerah Buat Sanksi Tegas Pelanggar PeduliLindungi

Saat memimpin sidang paripurna DPR Abdul Wahab Delimunthe yang menjadi anggota DPR priode 2019-2024 tertua didampingi Hillary Brigitta Lasut (23 Tahun) dari Fraksi Partai Nasdem dapil Sulawesi Utara. (Hardianto/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *