Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Anda tentu ingin bisa memiliki rumah tinggal sendiri. Ada banyak sekali tipe rumah yang bisa dipilih sesuai dengan bujet.

Hanya saja, Anda tidak selalu bisa membelinya dengan tunai karena harga yang mahal. Swara Tunaiku merangkum beberapa cara cepat mendapatkan rumah tanpa menggunakan DP. Yuk, simak!

1. Promo dari Developer Rumah

Cara yang bisa dilakukan saat mencari rumah adalah menemukan developer rumah dengan tawaran berbagai promo menarik. Salah satu promo yang sering ditawarkan adalah Anda bisa mendapatkan rumah tanpa DP. Biasanya untuk mendapatkan promo ini Anda akan dikenakan angsuran khusus yang disepakati bersama developer.

Informasi promo dari developer bisa Anda dapatkan dengan mengikuti akun media sosial. Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah Instagram yang banyak dijadikan ajang marketing bagi para developer.

2. Kredit Inhouse

Anda juga bisa mendapatkan rumah tanpa DP dengan menggunakan sistem kredit inhouse. Dengan kredit ini, pembayaran uang muka akan dicicil beberapa kali dengan jangka waktu yang sudah dinegosiasi. Semuanya bersifat fleksibel yang disesuaikan dengan kemampuan Anda. Kredit ini bisa dilakukan dengan perantara yang menyediakan rumah tersebut.

3. Kontrak di Depan Notaris

Cara selanjutnya untuk mendapatkan rumah tanpa menggunakan DP bisa Anda lakukan dengan membuat kontrak di depan notaris. Caranya dengan membuat kontrak langsung dengan penjual biasa bukan developer. Ini cara yang paling tepat untuk bisa mendapatkan rumah tanpa DP. Kontrak ini resmi dan diakui sehingga tidak ada yang bisa melenceng dari kontrak.

4. Diskon

Rumah bisa didapatkan tanpa DP dengan mencari diskon yang sering bertanding dari beberapa developer. Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu dan melakukan perbandingan mana diskon yang paling menguntungkan.

Baca juga:  Kerja di Vila Sebulan, Curi Uang Rp 6,9 Juta

5. Kerja Sama dengan Pemilik Rumah

Kerja sama dengan pemilik rumah menjadi cara untuk Anda bisa mendapatkan rumah tanpa DP. Biasanya kerja sama ini bisa dilakukan dengan orang yang ada kenal atau dari relasi. Anda bisa melakukan negosiasi sampai didapatkannya kesepakatan.

Anda juga bisa mendapatkan waktu sesuai dengan kemampuan untuk melakukan pembayaran. Besaran angsuran juga bisa Anda minta sesuai dengan bujet atau penghasilan bulanan. Anda bisa menemukan pemilik rumah yang tepat dengan mencari tahu dari berbagai situs jual beli rumah.

6. Pengajuan KPR 

Cara yang paling tepat dan mudah untuk mendapatkan rumah tanpa DP adalah melakukan pengajuan KPR. Pengajuan ini akan melibatkan pihak bank sebagai pihak penjamin. Anda bisa mencari bank yang memang menyediakan pelayanan untuk KPR.

Setelah mendapatkan bank yang tepat Anda harus melihat dengan detail isi perjanjiannya. Besaran bunga yang diajukan dan juga angsuran bulanannya. Selain itu sebelum melakukan pengajuan KPR, Anda harus menyesuaikan harga rumah yang akan diajukan dengan besar gaji.

Pengajuan ini juga akan diterima jika Anda memiliki rekening di bank tersebut. Sudah pernah mengajukan kredit atau pinjaman akan lebih memudahkan pengajuan KPR untuk diterima karena pihak bank bisa melihat riwayat pembayaran. Jika melakukan pembayaran tepat waktu, akan lebih mudah untuk mendapatkan rumah tanpa DP sesuai dengan kemampuan.

Anda bisa segera memilih cara mana yang akan dilakukan untuk mendapatkan rumah tanpa DP. Tinggal mendiskusikannya dengan pasangan atau keluarga tipe rumah yang akan diambil. Sebelum mengambil rumah Anda harus kembali melihat kondisi keuangan dan berapa banyak angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Lakukan hitungan dengan matang dan benar, ya! (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.