Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Makan merupakan kebutuhan untuk bisa tetap hidup. Anda harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi agar tetap sehat. Hanya saja, tidak cermat dalam mengatur makanan yang dikonsumsi bisa membuat pengeluaran menjadi besar.

Ini tips terbaik untuk menghemat bujet untuk makan dari Swara Tunaiku.

1. Makanan Musiman

Anda bisa menghemat bujet untuk makan dengan membeli makanan yang sedang musim. Jenis makanan ini tentu memiliki harga yang lebih murah karena sedang booming. Biasanya makanan ini berasal dari lokal yang harganya tentu lebih murah.

2. Belanja Online

Anda bisa hemat bujet makan dengan berbelanja makanan secara online. Belanja ini dikatakan lebih hemat karena tidak memerlukan biaya transportasi. Anda juga lebih hemat waktu untuk berbelanja. Belanja online biasanya ada banyak promo yang bisa didapatkan sehingga harganya jauh lebih murah.

Kelebihan belanja online untuk mendapatkan bahan makanan atau makanan jadi lebih praktis karena Anda tinggal menunggu. Selain itu, bisa langsung mengetahui total harga belanja yang dilakukan. Belanja online juga memudahkan Anda karena tidak perlu mengantre. Anda juga memiliki banyak waktu untuk melakukan perbandingan harga.

3. Menu Acak

Tips berikutnya untuk bisa menghemat bujet adalah membuat menu secara acak setiap harinya. Jangan terlalu sering mengonsumsi daging ataupun ikan karena ini bahan makanan yang terbilang mahal. Anda bisa membuatnya menjadi satu atau dua kali seminggu saja.

Anda bisa mengganti kebutuhan protein bagi tubuh dengan membeli bahan makanan nabati seperti tempe, tahu, atau kacang-kacangan lainnya. Makanan dari bahan nabati pun jauh lebih sehat karena menghindari Anda dari lemak yang dapat membuat gemuk dan kolesterol.

4. Rajin Memasak

Beli makanan yang siap saji tentu harganya akan berbeda dengan Anda memasak sendiri. Salah satu tips untuk bisa hemat bujet makan adalah dengan rajin masak. Anda bisa membeli bahan sekali satu minggu dan menyetoknya di dalam lemari es. Masaklah setiap hari dari bahan baku yang tersedia.

Baca juga:  Postur APBD Bangli 2019 Dirancang Berimbang

Ini langkah yang sangat tepat untuk menghindari beli makan di kafé ataupun restoran. Anda hanya perlu berbelanja ke pasar dengan membuat daftar belanja agar membeli bahan baku yang memang dibutuhkan saja.

5. Bujet untuk Belanja

Cara untuk mengatur pengeluaran tentu dengan membuat pembagian bujet setiap kebutuhan. Perencanaan yang matang akan membuat Anda memiliki bujet untuk belanja makanan. Dari bujet ini Anda akan menyesuaikan bahan baku atau makanan yang akan dibeli.

6. Belanja Grosiran

Belanja bahan baku makanan juga akan lebih murah jika dilakukan di tempat grosiran. Pembelian lebih dari satu buah biasanya akan jauh lebih murah. Ini sangat membantu Anda untuk menghemat. Tinggal memilih bahan baku yang selalu dibutuhkan dalam jangka waktu 1 sampai 3 bulan.

7. Meal-Prep

Tips selanjutnya untuk bisa hemat bujet makan adalah melakukan meal-prep. Sebuah langkah mempreparasi makanan untuk dimakan selama seminggu ke depan. Anda hanya memasak satu hari untuk satu minggu. Tips ini sangat membantu untuk Anda yang sibuk.

Anda memasak makanan apa saja yang diinginkan sampai benar-benar matang kemudian menyimpannya ke dalam wadah plastik. Setelah itu masukkan makanan ini ke dalam kulkas. Jadi, Anda tinggal memanaskan makanan yang akan dimakan.

Tips ini bisa Anda terapkan dari sekarang agar pengeluaran untuk makan bisa segera berkurang. Tinggal melakukannya secara bertahap dan ini juga menjadi cara untuk menjaga pola makanan yang dikonsumsi. Anda pun bisa menjaga kesehatan jika menerapkan tips ini. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.