Uang
Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Bali meluncurkan KURBali.com. Adalah sebuah sarana website untuk memudahkan pelaku usaha khususnya UMKM memperoleh pembiayaan KUR.

Website ini hanya berlaku di wilayah Bali, sebagai bentuk inovasi TPAKD dalam memperluas akses penyaluran KUR. “Selama ini pihak bank mencari, bekerjasama dengan provinsi, walikota, bupati untuk mendapatkan data calon penerima KUR. Tapi dengan adanya KURBali.com ini, bisa lebih mudah,” ungkap Rochman Pamungkas, Direktur Pengawasan LJK OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Rabu (25/9).

Website ini memfasilitasi antara masyarakat debitur KUR dengan perbankan (kreditur). Masyarakat tinggal mencari bank yang sesuai dengan kebutuhan pembiayaannya pada website.

Setelah dipilih, masyarakat akan di-link-kan ke bank yang bersangkutan untuk diproses dan dipenuhi syarat–syaratnya. Dengan website ini, akses untuk mendapatkan KUR bisa lebih mudah dan tidak perlu datang ke bank. “Ini salah satu terobosan yang kita harapkan, akses yang dulunya terbatas, hanya bank–bank yang bergerak, sekarang mulai di balik sistemnya, masyarakat yang mendekat ke banknya,” ujarnya sambil menyebut website ini.

Baca juga:  Kembangkan Sektor Pertanian, Petani Diberi Kemudahan Akses Perbankan

KURBali.com menyediakan kemudahan akses mengingat saat ini sudah masuk era 4.0, bisa diakses dimanapun. Sehingga dengan kemudahan ini pelayanan pun akan menjadi lebih cepat, dibandingkan harus mendata langsung. “Kalau dulu BPD Bali kita mintakan untuk bekerjasama memetakan, potensi–potensi mana, usaha–usaha baru yang bisa dibiayai. Itu memang berjalan lebih baik daripada sebelumnya sifatnya pasif, tetapi dengan terobosan ini, kemungkinan itu akan lebih banyak lagi yang bisa terbiayai dengan pendekatan ini,” bebernya. (Citta Maya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.