Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Memiliki pemasukan tetap tak menjamin semua kebutuhan Anda bisa terpenuhi. Kebutuhan yang tiap hari semakin bertambah, dengan harga yang terus naik, membuat jumlah pengeluaran melebihi jumlah penghasilan Anda.

Agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan, Anda bisa mulai untuk melakukan pekerjaan sampingan. Berikut pekerjaan yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan sebagaimana dikutip dari Swara Tunaiku.

1. Berjualan di Media Sosial atau Online Marketplace 

Bagi Anda yang memiliki jiwa untuk berdagang, pekerjaan sampingan sebagai pedagang online sepertinya sangat cocok untuk Anda. Anda bisa menawarkan barang dagangan Anda lewat media sosial atau pun lewat online marketplace, yang saat ini begitu menjamur di Indonesia. Beragam jenis barang bisa dijual secara online, mulai dari pakaian, makanan, dan barang kebutuhan harian.

Jika modal yang dimiliki tak terlalu besar, Anda bisa mulai berjualan dengan menjadi reseller atau pun dropshipper. Hal paling penting yang harus Anda lakukan jika berjualan secara online adalah gencar mempromosikan barang yang Anda jual. Selain itu, tentukan juga pangsa pasar dari barang yang dijual, sehingga Anda bisa menyusun strategi untuk bisa menjual banyak dagangan Anda.

2. Memulai Bisnis Kuliner di Tempat Kerja Anda

Bagi Anda yang andal dalam memasak, mengapa tak menjalankan usaha di bidang kuliner saja? Anda tak perlu membuka gerai khusus untuk makanan yang Anda jual, melainkan hanya menjualnya ke sesama rekan di tempat kerja Anda. Anda bisa menjual makanan ringan atau camilan yang sudah dikemas dalam kantong-kantong kecil, sehingga penjualannya pun jadi mudah.

Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan yang lebih lagi, Anda bisa membuka jasa pemesanan makanan dari rekan kantor Anda. Bagi teman kantor yang telah pernah merasakan kelezatan makanan yang Anda masak, tentu mereka tak akan ragu lagi untuk memesan makanan pada Anda. Anda pun jadi tak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih untuk mempromosikan usaha kuliner Anda.

Baca juga:  Rajin Nabung Sejak Dini, Ini Akan Kamu Dapatkan

3. Aktif Sebagai Penulis Lepas dan Blogger

Nah, bagi Anda yang memiliki minat pada dunia tulis-menulis, Anda bisa memulai pekerjaan sampingan sebagai freelance content writer. Saat ini, begitu menjamur situs yang menerima tulisan dari para penulis lepas. Atas tulisan yang berhasil dimuat, maka pemilik blog atau situs tersebut akan memberikan honor yang lumayan. Anda pun bisa melakukannya saat sedang bersantai di rumah.

Anda juga bisa memulai untuk mengelola blog pribadi, yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang tambahan bagi Anda. Uang tambahan yang Anda dapatkan dari blog, umumnya berasal dari iklan yang terpajang di dalam blog Anda. Konten blog yang menarik, akan membuat traffic blog Anda semakin tinggi. Alhasil, usaha yang berlandaskan hobi ini pun dapat membantu keuangan Anda.

4. Aktif di Instagram Sebagai Social Media Specialist

Daripada menghabiskan waktu santai Anda untuk sekadar stalking mantan di Instagram, lebih baik Anda jadi social media specialist saja. Buat satu akun Instagram dengan konten yang Anda suka, misalnya sebagai fanpage selebritis tertentu, postingan humor, animasi, receh, dan sebagainya. Saat jumlah followers Anda semakin banyak, buka jasa paid promote untuk mendapatkan uang tambahan.

Itulah tadi beberapa jenis pekerjaan sampingan, yang bisa Anda jalankan di sela kesibukan Anda sebagai seorang karyawan tetap. Dengan menjalankan pekerjaan sampingan ini, Anda bisa uang tambahan, di samping pemasukan tetap Anda di setiap bulannya. Sebaiknya, pilih kerja sampingan yang sesuai dengan hobi Anda, sehingga Anda pun akan merasa selalu enjoy saat menjalankannya. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.