DENPASAR, BALIPOST.com – Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Bali. Acara yang dihadiri ratusan alumni ITB dari berbagai daerah ini dipusatkan di Rama Shinta Room, Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar.

Gubernur Bali Wayan Koster yang juga merupakan alumni ITB didaulat membuka rakernas alumni ITB tahun 2019 dengan mengusung tema Nangun Sat Kerthi Loka Nusantara. Ketua Panitia Rakernas IA ITB 2019, Endang Nasution, mengatakan, rakernas IA ITB 2019 berlangsung dari tanggal 20 – 22 September 2019.

Ada enam kegiatan Sat Kerthi yang dilakukan IA ITB sebagai kegiatan yang terintegrasi. Mulai dari penanaman 500 bibit pohon, pemberian santunan, pelepasan 10 ribu ikan, kegiatan Bali resik sampah plastik, diskusi soal bagaimana membangun energy bersih, dan kegiatan tracking di kawasan Ubud.

Puncaknya, Sabtu (21/9), diselenggarakan rakernas yang dihadiri oleh pengurus daerah se-Indonesia. Ketua Ikatan Alumni ITB, Ridwan Djamaludin mengatakan, rakernas IA ITB ini adalah kegiatan setiap tahun sebagai kewajiban organisasi, juga sebagai evaluasi kegiatan IA ITB. Pelaksanaan di Bali sebagaimana keputusan rakernas sebelumnya di Makasar.

Rakernas ini sifatnya tidak saja rapat, namun kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung program daerah. Soal tema yang diusung hampir sama dengan visi dan misi Gubernur Bali Wayan Koster, Ridwan menyebutnya, bahwa tema “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” ini kita perbesar menjadi loka Nusantara, karena ini sejalan dengan semangat dan slogan ITB yakni, In Harmonia Progressio (kemajuan yang selaras). “Jadi, slogan itu diangkat sejalan dengan semangat ITB dan semangat kita membantu pembangunan di daerah,” katanya.

Baca juga:  Bali Harmoni dan Damai

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster dengan senang hati menyambut para alumni ITB yang merupakan tempatnya menempuh perkuliahan di tahun 1981. Bahkan, di hadapan para alumni ITB, Koster sempat berbagi kenangannya sewaktu pertama kali masuk ITB. “Rakernas IA ITB di Bali ini merupakan yang baru pertama kali. Adalah suatu kehormatan buat saya, karena saya alumni ITB. Betapa bangganya kita ini lulusan ITB dengan photo Gajah,” katanya.

Dihadapan para pengurus daerah IA ITB seluruh Indonesia, Gubernur Bali Wayan Koster juga berharap agar diberikan masukan berupa ide dan gagasan yang bagus dan berkualitas untuk membangun bali dan Indonesia pada umumnya. (Adv/balipost)

1 KOMENTAR

  1. Kegiatan semacam ini tentu baik untuk mempererat sesama alumni, namun untuk memberi manfaat kepada masyarakat harus dicari model yg cocok sesuai skala prioritas di daerah yg dipilih, karena ini menyangkut program yg membutuhkan biaya, pengawasan dan evaluasi dan bukan sekadar kegiatan sporadis yg sifatnya seremonial. Sesama alumni (KI-80/Amisca) saya senang IA-ITB melakukan kegiatan positif dimanapun tanpa embel2 SARA dan mengusung tujuan beraroma politik tertentu dalam kegiatannya. Teruslah berkiprah untuk kemajuan masyarakat, in harmonia progressio.

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.