Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ketombe di rambut tentu akan menggangu penampilan. Sebab, tak hanya menempel di rambut terkadang ketombe juga berjatuhan di pakaian.

Ketombe dalam bahasa medis adalah kondisi kulit kepala yang ditandai dengan serpihan putih dari kulit yang mengelupas. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari kulit berminyak, kulit kering, jamur, hingga kondisi kulit lain seperti kondisi psoriasis dan dermatitis. Kondisi ini pun bisa terjadi pada semua kalangan, termasuk bayi.

Cara menghilangkan ketombe dapat menggunakan sampo yang khusus ketombe. Selain dengan sampo, ada juga cara-cara menghilangkan ketombe secara alami, yang tak banyak mengeluarkan uang.

Berikut ini cara menghilangkan ketombe secara alami, dari bahan-bahan di sekitar Anda.

Baca juga:  Bupati Suwirta Tegur Salah Satu RS Swasta

1. Menggunakan minyak pohon teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil sudah dikenal untuk penanganan masalah kulit, seperti kondisi jerawat dan psoriasis. Selain itu, bahan ini juga memiliki sifat antimikroba dan antiperadangan, yang dapat menghilangkan ketombe.

Bahkan, minyak pohon teh juga disebutkan mampu melawan jenis jamur, yang menjadi pemicu ketombe. Walau begitu, penting untuk digarisbawahi, minyak pohon teh dapat menyebabkan iritasi, jika Anda memiliki kulit sensitif. Sebagai solusi, Anda bisa melarutkan beberapa tetes minyak pohon teh ke minyak kelapa, sebelum mengoleskannya ke kulit.

2. Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa juga memiliki popularitas untuk kesehatan, termasuk di antaranya untuk menghilangkan ketombe secara alami. Minyak kelapa dapat menyingkirkan ketombe, dengan meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan. Kondisi kekeringan tersebut dapat memperburuk kondisi ketombean Anda.

Baca juga:  Sejumlah Siswa COVID-19, SDN 28 Dangin Puri Denpasar Kembali Daring

Berbagai studi juga telah membuktikan khasiat minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe. Minyak kelapa dapat mengoptimalkan penanganan kondisi eksim (dermatitis), yang juga berkontribusi terhadap ketombe. Minyak kelapa pun memiliki sifat antimikroba, walau penelitian lanjutan terhadap jamur penyebab ketombe masih diperlukan.

3. Menggunakan lidah buaya

Anda tentunya sudah mengetahui khasiat lidah buaya, untuk kesehatan rambut. Selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam berbagai produk kosmetik dan kecantikan. Beberapa penelitian telah membuktikan, sifat antijamur dan antibakteri pada lidah buaya, dapat membantu menghilangkan ketombe yang membandel.

Baca juga:  Libur Sehari Enaknya Ngapain? Coba 7 Aktivitas Ini

4. Mengaplikasikan cuka apel

Cuka apel juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan, termasuk menghilangkan ketombe secara alami. Walau riset medis mengenai manfaat cuka apel tersebut masih diperlukan, banyak orang telah menerapkan cara menghilangkan ketombe ini.

Sifat asam pada cuka apel, membuatnya berkhasiat merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala, sehingga menghilangkan ketombe. Beberapa riset tabung reaksi juga menemukan, kandungan cuka apel dapat mencegah pertumbuhan jenis jamur tertentu. Anda dapat mencobanya dengan menambahkan beberapa sendok ke dalam sampo atau mengombinasikan dengan minyak esensial lainnya, dan semprotkan langsung ke rambut Anda. (Goes Arya/balipost)

Sumber : tempo.co

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *