Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba tari Komsos Kreatif diselenggarakan Kodam IX/Udayana. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Untuk menumbuhkembangkan, mengasah dan mengelola kreativitas anak Indonesia yang berkualitas, juga bisa dilakukan melalui keterampilan seni tari dan melukis. Oleh karena itu Kodam IX/Udayana menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif yaitu lomba tari dan melukis tingkat SLTP, SLTA serta komunitas seni tari se-Bali, Jumat (13/9) di Wantilan Museum Bali dan panggung Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Puputan Badung), Denpasar.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P. dalam sambutannya dibacakan Aster Kasdam Kolonel Inf. Jemz A. Ratu Edo menyampaikan, Komsos merupakan salah satu metode pembinaan teritorial (Binter) dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada segenap komponen bangsa. Dengan demikian terwujud Kemanunggalan TNl-rakyat dan meningkatnya partisipasi komponen bangsa di bidang pertahanan negara. Komsos Kreatif kali ini bertujuan untuk menjalin komunikasi sosial yang sehat dan harmonis melalui lomba.

Tujuannya untuk meningkatkan silaturahmi antara personel Kodam dengan segenap komponen masyarakat. Menurut Pangdam, Komsos Kreatif akan mampu menciptakan pesan baru melalui gerak tari dan seni melukis. Makna pesan yang disampaikan disesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah serta memanfaatkan potensi kearifan lokal yang dimiliki daerah.
“Juga diarahkan pada terwujudnya ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dalam rangka pertahanan negara aspek darat,” tegasnya.

Baca juga:  Tiap Hari, Anggota Kodam IX/Udayana Wajib Olahraga

Pangdam berharap dari kegiatan ini dapat bermanfaat untuk menumbuhkembangkan, mengasah dan mengelola kreativitas anak Indonesia yang berkualitas melalui keterampilan seni tari dan melukis. Selain itu, lomba yang digelar ini dapat menjadi inspirasi bagi instansi atau organisasi kemasyarakatan lainnya untuk melakukan kegiatan atau hal serupa, sehingga kedepan tercipta generasi baru Indonesia yang memiliki jiwa cinta tanah air serta mampu mengangkat harkat, martabat dan kejayaan bangsa di kancah nasional maupun dunia.

Hasil penilaian Tim Juri, untuk lomba melukis, Juara I diraih Putu Agus Prema Myliakusuma (SMAN 1 Blahbatuh, Gianyar,) Juara I Gusti Made Sathadarmawan (SMAN 4 Denpasar), dan Juara 3 Ni Komang Sri Mahyoniariasih (SMPN 3 Denpasar), serta Juara Favorit Made Agus Hadidinanta (SMPN 1 Gianyar). Selanjutnya Lomba Seni Tari, Juara 1 diraih Sanggar Seni Manik Metu, Juara 2 Sanggar WS Dancer, Juara 3 Komunitas Seni Tari HATI, dan Juara Favorit diraih Ganapati Art Production. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.