DENPASAR, BALIPOST.com – Sebanyak 279 pelajar SD se-Bali mengenakan seragam menakjubkan kumpul di GOR Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (13/9). Mereka mewakili 9 Polres dan Polresta mengikuti Lomba Polisi Cilik (Pocil) dalam memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 tahun 2019.

Kegiatan digelar tiap tahun ini diinisiasi Direktur Lantas Polda Bali Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana. Posisi pocil kian dikenal di masyarakat, bahkan kerap diundang di berbagai event.

Kasubdit Keselamatan dan Kelancaran (Kamsel) Ditlantas Polda Bali AKBP I Nyoman Sukasena mengatakan, ada beberapa kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Lantas Bhayangkara tahun ini, diantaranya Lomba Pocil. “Lomba ini diikuti seluruh jajaran Ditlantas Polda Bali. Pesertanya dari 9 kabupaten/kota, jumlahnya 297 orang,” tegas Sukasena.

Kategori lomba ada tiga yaitu peraturan baris berbaris (PBB), pengaturan dan variasi. Perserta bersaing menunjukkan kerapian, kekompakan dan kepiawaian dalam gerak mengikuti irima musik. “Nanti diakumulasikan nilai-nilainya sehingga diketahui pemenangnya. Tunjuan kegiatan ini adalah melakukan pembinaan tertib lalu lintas sejak usia dini. Kita pupuk sejak dini hal-hal yang positif,” ungkap mantan Kasubbdit Dikyasa Ditlantas Polda Bali ini.

Saat membacakan sambutan Dirlantas, Sukasena menyampaikan, Pocil merupakan program pembentukan karakter anak bangsa dan merupakan hasil pembinaan serta sinergitas antara jajaran Polda Bali dengan pihak sekolah, siswa, orangtua dan pelatih. Dengan demikian Pocil ini akan mampu memberikan gambaran kepada masyarakat luas bahwa pendidikan karakter anak bangsa harus dimulai sejak dini. “Kemampuan baris berbaris dijadikan dasar karena mengandung banyak nilai, seperti disiplin, kesetiaan dan kekompakan. Nantinya Pocil menjadi generasi muda yang tangguh,” kata Sukasena.

Baca juga:  Media Pelestarian Budaya, Hari Puputan Klungkung Dimeriahkan Permainan Tradisional

Output-nya tidak hanya sebatas Pocil sebagai duta kepolisian yang merajut hubungan dengan masyarakat, tapi menjadi ikon pelopor keselamatan berlalu lintas. Anak bangsa ini juga menjadi duta sekolah, kabupaten dan terpenting duta untuk dirinya sendiri guna menyongsong masa depan dengan karakter yang kuat dan SDM tangguh menjadikan Indonesia maju.

Dalam lomba kali yang berhak mendapatkan juara, yaitu Lomba Danton Terbaik, Juara 1 diraih Polresta Denpasar dengan nilai 274, Juara 2 diraih Polres Jembrana dengan nilai 273 dan Juara 3 diraih Polres Gianyar dengan nilai 270. Sedangkan Lomba Pocil, Juara 1 diraih Polres Bangli dengan nilai 2.380, Juara 2 diraih Polres Gianyar dengan nilai 2.347 dan Juara 3 diraih Polres Tabanan dengan nilai 2.328. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.