Saya merasa bersyukur jika Gubernur Bali Wayan Koster mengaku akan menata kawasan Pura Besakih dan menyediakan ruang parkir yang nyaman bagi para pamedek. Sudah bertahun-tahun hal ini tak tersentuh penataan dari provinsi dan kabupaten/kota.

Kita selama ini hanya sibuk dengan urusan politik dan membangun gedung-gedung mewah untuk perkantoran. Sebagai krama Bali, saya berharap penatan kawasan Besakih mendapat prioritas.

Ini penting kita lakukan mengingat ketika piodalan di Pura Besakih, umat merasa sulit mendapatkan parkir dan padat. Jika akses jalan dan ruang untuk umat menikmati keheningan dan kenyamanan di Pura Besakih disiapkan, saya yakin Pura Besakih akan memberikan vibrasi yang lebih kuat terhadap kehidupan kita.

Baca juga:  Mohon Informasi "Odalan" di Pura Besakih

Terus terang sebagai krama Bali, saya senang membaca berita Bali Post terkait dengan penataan kawasan Pura Besakih. Saya berharap informasi ini terus disebarkan ke publik, siapa tahu ada umat kita yang siap mendukung ngaturang punia.

Walaupun sebatas rencana dengan beberapa master plan yang telah disiapkan Gubernur Bali, saya berharap hal ini segera diwujudkan. Saya pribadi mengapresiasi dengan penuh harapan agar menjaga alam secara sekala dan niskala terwujud.

I Putu Andrian

Gianyar, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.