Suasana pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kota Denpasar periode 2019-2024 pada 19 Agustus lalu. (BP/ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Anggota DPRD Denpasar periode 2019-2024 yang dilantik, Senin (19/8) lalu, kini mulai melakukan kegiatan rapat. Rapat perdana untuk membahas penetapan fraksi-fraksi dan pimpinan definitif dimulai Senin (2/9). Hanya, penetapan ini belum bisa diputuskan secara final, karena DPP Partai Demokrat belum mengirimkan surat kepada DPRD Denpasar terkait penunjukan kadernya yang akan ditempatkan di pimpinan dewan dan fraksi.

Rapat perdana yang dipimpin Ketua Sementara DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede didampingi Wakil Ketua Sementara Wayan Mariyana Wandhira menyampaikan, untuk pembentukan pimpinan dewan, pihaknya sudah bersurat kepada empat partai politik, yaitu DPI-P, Demokrat, Golkar, dan Gerindra. Surat tertanggal 19 Agustus 2019 tersebut sudah dibalas oleh PDI-P, Golkar, dan Gerindra. Hanya Demokrat yang belum masuk suratnya.

Terhadap hal ini, anggota dewan dari Partai Demokrat, A.A.Gede Putra Ariewangsa menyampaikan permohonan maaf, karena belum turunnya surat dari DPP. Pihaknya beralasan saat ini Ketua Partai Demokrat sedang dalam kondisi berduka. Karena itu, pihaknya menjanjikan dalam waktu seminggu ini surat DPP dipastikan sudah turun.

Baca juga:  Demokrat Merasa Disudutkan

Setelah mendapat penjelasan seperti itu, Ngurah Gede kembali menyampaikan penetapan fraksi. Hanya, karena masih kurang satu surat dari Demokrat, penetapan fraksi ini juga belum bisa dilakukan. “Kami berharap minimal pertengahan bulan ini sudah selesai semua. Karena kami selalu pimpinan sementara diberikan mandat dalam satu bulan ini sudah semua bisa terbentuk,” katanya.

Terkait pembentukan fraksi, Hanura sudah memastikan bergabung ke PDI-P. Hanura langsung menyampaikan surat dari DPP Hanura kepada dewan saat rapat kemarin. “Hanura sudah bergabung ke PDI-P,” ujar Ngurah Gede.

Dari perkembangan yang ada, Partai Solidaritas Indonedia (PSI) dan NasDem bergabung membentuk satu fraksi. Dengan demikian, dipastikan fraksi di DPRD Denpasar akan berjumlah lima fraksi. Kelima fraksi itu, yakni PDI-P, Demokrat, Golkar, Gerindra, dan  Fraksi Restorasi Solidaritas. (Asmara Putra/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.