Kementerian PUPR mengunjungi Nusa Penida. (BP/istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turun langsung ke wilayah kepulauan Nusa Penida, Selasa (27/8). Ini sebagai tindak lanjut dari rencana pengembangan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) untuk lima tahun ke depan.

Melihat realita di lapangan, Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan, BPIW Kementerian PUPR, Agusta Ersada Sinulingga, menilai Nusa Penida memang harus didorong masuk KPPN, sehingga pusat bisa memenuhi kebutuhan infrastruktur Nusa Penida. Ersada bersama Kabid Perdesaan M. Rudy Srahaan melihat langsung potensi daerah apa yang bisa diangkat dari Kabupaten Klungkung.

Diawali dari melihat Kelompok Petani Rumput Laut Sari Segara di Dusun Semaya, Desa Suana, dilanjutkan ke Pengrajin Tenun Cepuk dan Rangrang di Dusun Tanglad, Desa Tanglad, Nusa Penida, dilanjutkan ke Klungkung Daratan mengujungi Perajin Batok Kelapa yang berada di Dusun Sarimertha, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan. Menurut Ersada, melihat pulau Nusa Penida yang memiliki potensi besar. Untuk itu, ia menilai, harus didukung untuk pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru serta pembangunan kawasan perdesaan untuk menjadi prioritas ke depan.

Menurutnya, KPPN akan menjadi lokomotif dalam pengembangan ekonomi desa dan kawasan perdesaan. “Klungkung ini bisa kita dorong masukan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024 nanti untuk bisa menjadi salah satu KPPN. Namun, keputusannya ada pada Bappenas, kami dari PUPR tentunya bisa mendukung dan mendorong, menyampaikan kondisi sebenarnya di,lapangan,” ujar Ersada.

Baca juga:  Tekan Golput, Gratiskan Boat ke Nusa Penida Untuk Pulang Nyoblos

Pihaknya menambahkan, dari kondisi saat ini, bisa dilihat memang perlu dukungan infrastrukturnya. Sehingga perkembangan pariwisata di Nusa Penida ini terus meningkat. “Jangan sampai terjadi penurunan, kalau ini kita biarkan takutnya akan turun. Maka dari itu ini harus kita dorong supaya bisa lebih meningkat sesuai dengan kedatangan wisatawan mancanegara ke Pulau Nusa Penida ini, sehingga mereka merasa nyaman datang ke pulau ini,” imbuhnya

Sementara itu, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra meminta kepada seluruh OPD Pemkab Klungkung yang terlibat aktif dalam penyusunan KPPN, harus memberikan dukungan penuh. Sebab, keterpaduan perencanaan memiliki tempat yang penting untuk pengembangan KPPN di Klungkung.

Pusat sudah memberikan respons luar biasa, sehingga momentum ini tidak disia-siakan, untuk mewujudkan Nusa Penida lebih baik dari sebelumnya. “Mari terus kawal ini, dukung apa yang dibutuhkan, agar pusat tetap melihat ini sebagai kebutuhan yang mendesak bagi perkembangan Nusa Penida,” tegasnya. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.