BEIJING, BALIPOST.com – Tiongkok memiliki Beijing Planning Exhibition Hall yang menampilkan perencanaan kota Beijing. Untuk menggambarkan wajah kota Beijing yang luasnya mencapai 16410 km2, disediakan maket kota tersebut.

Ada dua maket untuk membedakan kota dulu dan sekarang. Maket pertama yang dibuat 1949 dipasang di dinding.

Sedangkan maket yang menggambarkan Beijing kini, ditempatkan di lantai. Maket baru yang dibuat 2014 itu dibuat selama enam bulan melibatkan 200 arsitek.

Maket ini akan didaftarkan di UNESCO.
Sepuluh jurnalis dari Bali, NTB dan NTT berkesempatan berkunjung ke museum tersebut, Rabu (27/8). Di gedung itu pengunjung juga disuguhkan video awal berdirinya kota Beijing.

Juga ada gambaran tentang kemajuan alat transportasi karya anak bangsa Tiongkok melalui miniatur alat transportasi pada zaman dulu hingga yang modern seperti sekarang, seperti kereta api, mobil dan pesawat terbang. Termasuk miniatur mesin pelobang tanah untuk pembuatan jalur MRT.

Baca juga:  Tiga Minggu di Bali, Konjen RRT Langsung Jatuh Cinta

Beijing Planning Exhibition Hall ini mayoritas dikunjungi pelajar dan mahasiswa. Tapi banyak juga wisatawan mancanegara. “Kunjungan per hari rata rata 500 orang. Didominasi pelajar dan mahasiswa,” ujar Maria, staf Beijing Planning Exhibition Hall kepada Bali Post. (Subrata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.