Menristek Dikti Mohammad Nasir saat diwawancarai oleh wartawan. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rektor asing yang pertama kali masuk ke Indonesia tercatat bertugas di Universitas Cyber Asia. Perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Universitas Nasional Jakarta ini juga menjadi yang pertama di Tanah Air berbasis online. Rektor asing itu adalah Jang Youn Cho.

Menristek Dikti RI Mohammad Nasir di Sanur, Denpasar, Senin (26/8), menyebut rektor asing pertama di Indonesia itu memiliki pengalaman memimpin perguruan tinggi, di antaranya Universitas Hankuk di Korea Selatan dan pernah menjadi dosen di Amerika Serikat. “Targetnya adalah meningkatkan APK (Angka Partisipasi Kasar), mutu harus menjadi baik, dan daya saingnya nanti di tingkat internasional,” ujarnya.

Nasir berharap mahasiswa Universitas Cyber Asia tidak hanya berasal dari Indonesia. Sebab, ada pula permintaan agar mahasiswa bisa berasal dari Asia Tenggara, Asia Barat, dan Afrika. Untuk rektor asing di perguruan tinggi negeri, pihaknya kini tengah memperbaiki sejumlah peraturan pemerintah (PP) sehingga baru bisa berjalan tahun 2020.

Baca juga:  Hujan Terus Mengguyur, Kualitas Pasokan Air PDAM Badung Menurun

“Harapan saya mereka bisa berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas, jadi bukan lagi kita berpikir masalah penjajahan. Tidak ada di dunia pendidikan tinggi di dunia mana pun,” jelasnya. (Rindra/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.