Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tabungan merupakan cara agar Anda tetap aman untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Selain itu tabungan ini akan membantu untuk menjadi dana cadangan.

Anda yang ingin menabung bisa memilih jenis tabungan terbaik berikut ini untuk kebutuhan masa depan seperti dilansir dari Swara Tunaiku.

1. Tabungan dengan Arisan

Anda bisa memiliki tabungan dengan mengikuti arisan. Arisan yang bisa diikuti seperti arisan keluarga, arisan umum di rumah dengan tetangga, dan arisan di tempat kerja. Arisan ini Anda tentu sudah mengetahuinya dengan pembayaran bulanan sesuai kesepakatan secara rutin.

Anda akan mendapatkan uang sesuai nomor urut atau pun sesuai kesepakatan dengan cabut nomor. Selain bisa menabung, arisan juga sangat bagus untuk menjalin silaturahmi. Siapa tahu, nanti Anda membutuhkan bantuan teman-teman arisan bisa membantu. Tabungan dalam arisan pun lebih aman dan uang tidak keluar dengan sia-sia.

2. Tabungan di Bank

Jenis tabungan berikutnya dengan melakukan tabungan di bank. Anda bisa memilih bank apa yang akan digunakan. Bisa bank konvensional atau bank syariah. Tanyakan dengan detail bagaimana sistem yang digunakan bank selama uang ditabung di sana.

Biasanya setiap bank juga memiliki program yang khusus dijalankan. Setiap program ini bisa Anda pilih sesuai kebutuhan mana yang dirasa cocok dengan kebutuhan dan kemampuan. Hanya saja Anda harus memisahkan rekening yang khusus untuk tabungan dengan rekening untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Tabungan Investasi

Jenis tabungan berikutnya yang bisa Anda pilih adalah tabungan investasi. Anda bisa bermain saham ataupun sejenisnya. Hanya saja untuk jenis tabungan ini Anda harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik agar bisa berhasil. Tabungan jenis ini bisa saja mengalami kerugian jika salah tempat melakukan investasi.

Baca juga:  Bergeser, Kontribusi Tabungan Kalahkan Deposito di DPK Bali

4. Tabungan Asuransi

Anda juga bisa memilih tabungan asuransi. Jenis tabungan ini Anda tinggal memilih asuransi yang dipercaya untuk dilakukan pendaftaran. Tabungan asuransi ada beragam program. Anda bisa mengikuti tabungan asuransi untuk anak. Jenis asuransi ini sangat bermanfaat untuk biaya anak Anda nantinya. Anda tidak perlu khawatir untuk biaya pendidikannya di masa depan.

5. Tabungan Mata Uang Asing

Buat Anda yang hobi menyimpan uang asing bisa menjadikan ini sebagai cara menabung. Tabungan berupa mata uang asing yang nilai tukarnya ke Rupiah sangat besar. Anda bisa memulainya dengan negara seberang yang terdekat yaitu uang ringgit. Nilai tukar uang yang berpeluang untuk naik beberapa tahun ke depan.

6. Tabungan Emas

Emas juga bisa dijadikan pilihan dari jenis tabungan. Gunakan emas 24 atau emas batangan yang saat dijual harganya akan naik sesuai dengan ketentuan. Tabungan emas ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menyediakan brankas atau bisa menabung ke pihak ketiga. Tabungan yang rutin Anda lakukan ke depannya akan diambil dalam bentuk emas.

7. Tabungan Bisnis

Bisnis yang dibangun dapat juga menjadi sebuah tabungan masa depan. Anda yang bisa mengelola bisnis dengan baik akan memiliki aset besar kedepannya. Ada banyak bisnis yang bisa dipilih, Anda tinggal merundingkannya dengan pasangan.

Usahakanlah untuk memilih bisnis yang risiko bangkrutnya paling kecil. Tabungan bisnis ini mulai dari pertama kali berdiri sampai ke depannya. Anda akan lebih aman jika memulai bisnis secara kecil-kecilan terlebih dahulu atau memulainya bersama dengan rekan.

Jenis tabungan untuk masa depan apa pun yang Anda pilih tentunya sudah melewatkan banyak pertimbangan. Keputusan Ana sudah menjadi sesuatu yang perlu dipertanggung jawabkan. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.