MANGUPURA, BALIPOST.com – Peringatan 17 Agustus 2019, Karang Taruna Desa Bongkasa Pertiwi berkolaborasi dengan PT Tirta Investama-Pabrik Mambal (Pabrik AQUA Mambal), BUMDes Mandala Sari dan pengusaha lainnya yang ada di Bongkasa Pertiwi memperingati HUT Republik Indonesia ke-74 dengan tema “SDM Unggul, Indonesia Maju, Bongkasa Pertiwi bijak berplastik”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, melakukan pengumpulan, edukasi dan pengembangan inovasi serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Kegiatan yang juga didukung oleh mahasiswa KKN PPM XIX UNUD tersebut tersebut dilakukan pada 18 Agustus 2019 di Bale Subak Karang Dalem. Ketua Karang Taruna Bongkasa Pertiwi, I Putu Mayuna Eka Putra menjelaskan bahwa tema bijak berplastik ini diambil berkaitan dengan akan disahkannya Perdes Bongkasa Pertiwi tentang Kebersihan, Keindahan, Ketertiban Dan Kesehatan Lingkungan.

“Perdes ini diinisiasi oleh Program Kampung Mandiri untuk menjaga kualitas lingkungan, kelestarian fungsi lingkungan hidup, dan kesehatan masyarakat. Perdes ini mengatur setiap warga Desa untuk mengelola sampah anorganik, tidak membuang limbah sembarangan, tidak BAB sembarangan dan lain-lain,” kata Mayuna.

Kegiatan yang dilakukan adalah jalan santai dengan clean-up sampah plastik sepanjang jalur perjalanan, lomba mewarnai dengan tema bijak berplastik, lomba kreasi daur ulang, lomba permainan rakyat dan sosialisasi STBM, Pertanian Sehat, Biogas serta pameran produk dampingan program Kampung Mandiri. Ada juga pameran makanan dan usaha yang ada di Desa Bongkasa Pertiwi.

Baca juga:  Banjir Bandang, Ini DAS Rawan di Buleleng

Tercatat sebanyak 163,2 kg sampah terkumpul dari kegiatan sehari. Desa Bongkasa Pertiwi merupakan satu dari sebelas desa wisata yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Badung, melalui Peraturan Bupati No 47 Tahun 2010.

Atraksi wisata Desa Bongkasa Pertiwi menjadi potensi utama mulai dari pemandangan alam perdesaan seperti alur lembah Sungai Ayung yang berkelok-kelok dari hulu hignga hilir, landskap pertanian mulai dari persawahan, aktifitas pertanian dan gubuk petani sekaligus lokasi pemeliharaan ternaknya. Potensi tersebut dikelola oleh BUMDes Mandala Sari bekerjasama dengan Pabrik AQUA Mambal dalam program Kampung Mandiri.

Sustainable Development Director Danone -AQUA, Karyanto Wibowo menjelaskan program ini dimaksudkan untuk membangun kemandirian desa dalam pengelolaan lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial melalui pengembangan energi terbarukan (biogas), pertanian sehat dan ramah lingkungan, Water Access Sanitation and Hygiene (WASH), dan konservasi/pelestarian keanekaragaman hayati. “Program yang kami kembangkan merupakan bagian dari Komitmen Ganda bahwa kesuksesan secara ekonomi juga harus sejalan dengan kesuksesan sosial dan memberi manfaat untuk masyarakat,” Lanjut Karyanto.

Peringatan yang dilakukan oleh Karang Taruna Bongkasa Pertiwi dengan tema salah satunya mengurangi penggunaan Plastik sekali pakai ini unik sekali, karena juga sejalan dengan Kampanye #BijakBerplastik AQUA yang telah didorong selama 2 tahun belakangan ini.

“Harapannnya akan terbangun kondisi lingkungan yang baik untuk mendukung status Desa Bongkasa Pertiwi sebagai desa wisata,” tutup Karyanto. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.