Akper Kesdam IX/Udayana melaksanakan wisuda ke-9 di Prime Plaza Hotel, Sanur. (BP/rah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Lulusan Akademi Keperawatan (Akper) Kesdam IX/Udayana ternyata banyak diminati rumah sakit luar negeri, di antaranya Jepang. Bahkan, lulusan Akper Kesdam dipercaya dan ditugaskan di tempat-tempat vital, perawatan darurat, ruang operasi, dan unit gawat darurat.

Akper Kesdam IX/Udayana melaksanakan Wisuda ke-9 di Prime Plaza Hotel, Sanur, Denpasar, Rabu (21/8). Kali ini diwisuda, dilantik, dan diambil sumpah sebanyak 109 orang. Untuk lulusan terbaik, ranking I diraih Ni Kadek Lisna Muliyantari, A.Md.Kep​. dengan IPK 3,50, ranking II direbut Sang Ayu Kompiang Sintha W., A.Md. Kep​. dengan IPK 3,49 dan ranking III disabet Ni Made Dian Aristianti, A.Md. Kep​​. dengan IPK 3,47.

Kepala Kesdam IX/Udayana Kolonel Ckm. drg. I Ketut Sukarnanta menyampaikan, 109 orang lulusan tersebut terdiri atas 10 mahasiswa tugas belajar dari anggota TNI dan 99 orang dari masyarakat umum. “Harapan kami kepada lulusan agar segera mendharmabhaktikan tenaga dan keterampilan yang dimiliki kepada masyarakat. Sementara masyarakat, kami mengharapkan supaya mempercayakan putra-putrinya belajar di Akper Kesdam IX/Udayana,” ujarnya.

Untuk Akper Kesdam karena saat ini statusnya masih akademi, pihaknya akan mengusulkan supaya segera mejadi jenjang Strata 1. Yang membedakan Akper Kesdam dengan yang lainnya adalah karena bernaung di institusi TNI pasti punya kekhasan antara lain tentang disiplin dan etos kerja. Di samping bidang akademik, juga mengacu kepada pedoman dan referensi-referensi standar yang ditetapkah oleh Dikti.

Baca juga:  Sanshin dari Okinawa Mengalun di Kalangan Ayodya

“Selama ini kami memfasilitasi supaya lulusan Akper Kesdam diserap dunia kerja. Kami memiliki fasilitas kesehatan, baik tingkat I maupun II. Jika mereka belum terserap di institusi lain, kami sendiri menggunakan tenaga mereka,” tandas Sukarnata.

Direktur Akper KesdamIX/Udayana Letkol Ckm. dr. I Gede Putu Arsana, Sp.P.D., menyampaikan, lulusannya banyak terserap di rumah sakit swasta serta RS internasional di antaranya RS Siloam. “Artinya, proporsinya sudah tersebar ke seluruh Bali, selain rumah sakit pemerintah. Mudah-mudahan lulusan kami semakin banyak yang terserap lagi di dunia kerja terutama bidang kesehatan,” ungkapnya.

Agar lulusannya siap bersaing, Akper Kesdam menggiatkan kursus Bahasa Inggris dan Jepang. Selain itu, pihaknya melakukan MoU agar bisa kerja di luar negeri. “Kami juga mencetak lulusan keperawatan yang profesional, andal, dan mampu bersaing di tingkat regional dan nasional. Saat ini lulusan mahasiswa kami banyak di rumah sakit di Jepang. Mereka ditugaskan di tempat vital, perawatan darurat, ruang operasi dan unit gawat darurat. Ini menandakan lulusan Akper Kesdam/Udayana kompeten, disiplin, dan terampil dalam ilmu keperawatan,” tandas Arsana. (Ngurah Kertanegara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.