Peresmian operasional KCP MMU Penatih, Denpasar yang ditandai dengan pemotongan untaian bunga, Rabu (21/8). (BP/san)

DENPASAR, BALIPOST.com – Untuk meningkatkan layanan sekaligus lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya di daerah Penatih, Denpasar, Bank Mandiri membuka Kantor Cabang Pembantu (KCP) Mandiri Mitra Usaha (MMU). Grand openingnya digelar Rabu (21/8),

Menurut Regional Credit Business Development (RCBD) Head Bank Mandiri Regional XI Bali Nusra, Sugrah, adanya KCP MMU Penatih, Denpasar ini untuk meningkatkan perekonomian, khususnya ekonomi mikro yang memang potensinya besar di wilayah Penatih, Denpasar. Ia mengatakan KCP MMU Penatih, Denpasar ini awalnya berada satu kantor dengan Pos Indonesia di wilayah Tonja.

Dengan pertimbangan peningkatan layanan, kantor KCP MMU ini kemudian direlokasi ke lokasi saat ini tepatnya di Jalan Padma No. 32 Penatih, Denpasar. ”Dipilihnya daerah ini karena ramai dan usaha mikronya sangat berpotensi. Dekat dengan pasar, begitu juga banyak masyarakatnya yang membuka usaha perdagangan,” ujar Sugrah.

Baca juga:  UMKM Perlu Proses Pinjaman Tanpa Ribet

Ia melanjutkan, sasaran KCP MMU Penatih, Denpasar ini lebih ke ekonomi mikro dengan adanya potensi-potensi di masyarakat. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan penyalurkan produk kredit mikro yang disalurkan Bank Mandiri.

Adapun produk kredit mikro ditawarkan, yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 0,3 persen per bulan atau tujuh persen per tahun. Kredit Usaha Mikro (KUM) yang merupakan produk kredit mikro dari Bank Mandiri dengan bunga 0,5 persen per bulan. Bank Mandiri juga memiliki KSM atau kredit serbaguna yang menyasar masyarakat berpendapatan tetap seperti pegawai negeri atau pegawai swasta.

Baca juga:  Gejolak Global Melanda, Ekonomi Indonesia Masih Resilien

Dalam memperluas layanannya, selain dengan membuka KCP yang saat ini berjumlah 61 cabang di seluruh Bali, Bank Mandiri juga mengeluarkan program agen Bank Mandiri dimana melibatkan masyarakat. ”Nantinya masyarakat yang menjadi agen ini menjadi perpanjangan tangan Bank Mandiri dan bisa memberikan layanan seperti transfer, penerimaan tabungan dan layanan lainnya. Nantinya akan ada sistem bagi hasil,” jelas Sugrah.

Selain menggandeng masyarakat, Bank Mandiri juga akan menggandeng LPD dan Koperasi yang ada di daerah sekitar.

Baca juga:  Mantan Karyawan Bank Menipu Ratusan Juta, Uangnya Dipakai Judi Online

Sementara itu Deputi Direktur OJK Regional VIII Bali dan Nusa Tenggara, Armen berharap dengan adanya KCP MMU Penatih, Denpasar ini bisa lebih meningkatkan layanan perbankan di masyarakat. Ia juga berharap KCP MMU Penatih, Denpasar bisa bersaing sehat dan menggandeng lembaga keuangan lain di daerah sekitar seperti LPD dan Koperasi untuk sama-sama meningkatkan perekonomian masyarakat. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *