Petugas BPBD Karangasem berusaha menurunkan patahan dahan pohon beringin dari atap ruko milik warga. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Karangasem, Senin (19/8), membuat pohon beringin patah dan menimpa bangunan ruko yang ada Banjar Tri Wagsa, Desa Macang, Bebandem. Akibatnya, bangunan ruko itu rusak.

Kalak BPBD Karangasem Ida Bagus Arimbawa mengungkapkan, ruko yang tertimpa dahan beringin itu milik I Wayan Taman. “Dahan pohon patah sekitar pukul 07.30 Wita. Untuk membersihkan, kami menerjunkan sejumlah petugas yang membawa alat pemotong senzo. Dahan beringin yang patah diameternya mencapai 40 centimeter. Akibat kejadian itu, pemilik ruko mengalami kerugian sekitar Rp 15 Juta,” ujarnya.

Baca juga:  Napi Lapas Kerobokan Ditembak

Ia mengimbau masyarakat yang bermukim di bawah pohon supaya waspada akan terjadinya pohon tumbang. “Kami minta warga selalu waspada kana bencana pohon tumbang. Bencana bisa datang kapan saja,” ungkap Arimbawa.

BPBD Karangasem juga intens melakukan sosialisasi kebencanaan terhadap siswa. Senin (19/8), BPBD kembali melaksanakan sosialisasi kebencanaan terkait evakuasi mandiri saat terjadi gempa bumi. “Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan siswa dalam menghadapi berbagai ancaman bencana khususnya gempa bumi. Sosialisasi ini diikuti sekitar 225 siswa SDN 2 Duda Utara,” jelas Arimbawa. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Ungkap Kasus Baku Tembak Sesama Polisi, Komnas HAM Kumpulkan Data dan Informasi
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *