BI menggelar Lomba Cerdas Cermat tingkat SMA sederajat se-Bali. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam rangka HUT RI ke-74, HUT BI ke- 66 dan hari jadi Provinsi Bali ke-61 Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali melaksanakan satu program edukasi publik yaitu “Lomba Cerdas Cermat Ekonomi dan Kebanksentralan antar SMA/MA se-Provinsi Bali Tahun 2019.” Program ini bekerja sama dengan Generasi Baru Indonesia Bali (GenBI Bali) 2019 dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi SMA se-Provinsi Bali.

Lomba yang dilaksanakan pada 17 dan 18 Agustus ini mengusung tema “Young Economist : The Hope of a Nation for Better Tomorrow.” Lomba Cerdas Cermat ini dibuka oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Sapto Widyatmiko.

Sapto mengharapkan peserta dapat menjunjung tinggi nilai sportivitas selama kegiatan lomba. Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana dan media untuk dapat turut serta mengembangkan potensi dan memberikan motivasi kepada para pelajar di Provinsi Bali dalam meningkatkan minat, bakat, dan prestasi di bidang akademik.

Sembilan peserta lolos memasuki babak semifinal. Babak semifinal dan final dilaksanakan pada Minggu (18/8) di Kalangan Angsoka, Art Center. Babak semifinal terdiri dari tiga tahapan yaitu Show Your Power, Let’s Sing Together, and Finding the Treasure.

Dari keseluruhan tahapan SMAN Bali Mandara muncul sebagai juara I. Diikuti SMAN 1 Ubud dan SMAN 1 Gianyar di posisi kedua dan ketiga. Sedangkan MAN 1 Jembrana harus puas sebagai juara Harapan I.

Baca juga:  Ekonomi Bali Melemah di Semua Bidang

Sapto mengungkapkan bahwa antuasiasme peserta Lomba Cerdas Cermat 2019 telah meningkat dari tahun sebelumnya dan pelaksanaan lomba telah berjalan dengan baik. “Generasi muda lebih aktif dalam mengikuti ajang perlombaan untuk mengharumkan nama Bali,” ujarnya.

Ketua MGMP Ekonomi SMA se-Provinsi Bali, I Wayan Sukandia, menuturkan pelaksanaan lomba tahun ini memiliki peserta yang paling banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Sukandia juga menambahkan, salah satu cara meningkatkan antusias para siswa adalah dengan selalu melakukan pelatihan dan mengajak siswa tetap aktif mengikuti berbagai ajang perlombaan yang didukung dengan kompetensi baik yang dimiliki oleh guru pengajar. “Pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat berikutnya dapat dilaksanakan dengan tambahan tahapan lomba agar jumlah peserta dan mekanisme pelaksanaan lomba dapat terlaksana dengan proporsional,” ujarnya.

Salah satu pemenang Lomba Cerdas Cermat ini, Gusti Ayu Saras Pagar Dewi yang berasal dari SMAN Bali Mandara menyampaikan rasa sukacita atas kemenangan yang diraih. “Peserta yang mengikuti lomba adalah hasil seleksi dari anggota KSPM (Kelompok Siswa Penggemar Mata Pelajaran) Ekonomi di lingkungan sekolah,” imbuhnya. (Citta Maya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.