Siswa di Kecamatan Sidemen menerima KKC dari Pemerintah Kabupaten Karangasem. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Ribuan siswa SD dan SMP di Kecamatan Sidemen menerima bantuan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Karangasem berupa Kartu Karangasem Cerdas (KKC). Kartu tersebut diserahkan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri di Wantilan Pura Puseh Tebola, Sidemen, Rabu (14/8).

Bupati Mas Sumatri mengungkapkan, penerima beasiswa KKC yakni siswa SD sebanyak 503 orang dan SMP 750 orang. Sektor pendidikan menjadi faktor yang sangat penting dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Maka dari itu, peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam memajukan pendidikan di Bumi Lahar ini.

“Pemerintah juga memiliki kewajiban membangun sarana dan prasarana penunjang berupa infrastruktur bangunan serta tenaga pengajar yang berkualitas dan andal. Dengan begitu, siswa-siswa Karangasem akan mampu bersaing di dunia pendidikan.

Baca juga:  Badung Gelontorkan Rp 100 Miliar untuk Dua Gedung SMAN

Bupati Karangasem mengharapkan pemberian KKC ini mampu menekan angka buta aksara sekecil mungkin. SDM yang berkualitas akan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat dan masyarakat Karangasem menjadi sejahtera.

Kepala Dinas Pendidikan I Gusti Ngurah Kartika menjelaskan, tahun 2018 pihaknya mengalokasikan anggaran Rp 19,48 miliar untuk pendidikan. Sementara tahun 2019 ini, anggaran untuk beasiswa meningkat menjadi Rp 21,67 miliar. “Khusus untuk siswa Sidemen mendapat Rp 1.106.400,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.