Wisatawan mengunjungi Pura Batukaru. (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Upaya keras warga di puncak Gunung Batukaru memadamkan api membuahkan hasil. Saat ini api sudah berhasil dipadamkan, namun demikian warga tetap siaga di lokasi mengantisipasi kemungkinan masih adanya titik api. Terutama bara api di bawah semak-semak yang cukup tebal.

Belum diketahui secara pasti kondisi di atas, namun dugaannya ada sekitar 1,5 hektare luas kawasan hutan yang terbakar. Hingga Selasa (13/8) proses pemadaman secara manual masih terus dilakukan. Warga dibantu jajaran TNI/Polri, BPBD dan relawan secara bergantian naik ke atas untuk memadamkan bara api.

Ada yang naik dari areal Pura Batukaru dan adapula yang naik dari Kecamatan Pupuan seperti Pujungan, Sanda dan Batungsel. Dari informasi api tidak sampai merembet ke areal Pura Puncak Kedaton.

Baca juga:  Ratusan Penari Rejang Buka Lovfest

Sementara itu pantauan di lokasi, tampak sejumlah petugas dan warga serta relawan masih siaga menunggu giliran dan perintah naik menggantikan rekan-rekannya. Untuk bisa menjangkau titik api, jika dari jalur Pura Batukaru memerlukan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Sementara dari Kecamatan Pupuan berkisar 3-4 jam.

Di sisi lain kunjungan tamu wisatawan tetap ramai seperti tidak terpengaruh akan kejadian kebakaran di areal hutan kawasan Batukaru. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.