Perayaan tujuh belasan kini sudah mulai banyak digelar di desa-desa dan sekolah. Perayaan ini tentu spiritnya untuk menyambut hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ke-74. Mudah-mudahan di tengah banyaknya tantangan ekonomi, masalah sosial dan lingkungan kita tetap setia mengawal NKRI.

Momen hari kemerdekaan ini hendaknya menjadikan kita semakin sadar sebagai warga yang menjunjung tinggi ideologi bangsa. Makanya saya rasa sangat tepat jika di era saat ini semangat nasionalisme kita jadikan spirit untuk menjaga NKRI.

Untuk itu, sosialisasi empat pilar di bulan Bung Karno ini hendaknya terus dioptimalkan. Saya yakin masih banyak warga negara yang belum paham tentang hal ini.

Buktinya masih banyak orang yang menjadi tersangka ujaran kebencian. Padahal, jika spirit empat pilar dijalankan maka keharmonisan akan menjadi identitas kehidupan. Untuk itu saya juga berharap Bali pada Bali Era Baru ini terus membangun ruang komunikasi yang sehat dan berbudaya.

Baca juga:  Pemuda Sanur Rayakan HUT Kemerdekaan RI dan Gelorakan Penolakan Reklamasi

Saya juga berharap kesadaran berbangsa makin menguat dengan kesadaran menumbuhkan solidaritas dan toleransi. Penindakan pada pihak-pihak yang ingin mengaburkan NKRI dengan cara-cara destruktif saya pandang sudah tepat.

Negara jangan memberi ruang kepada perusuh jika langkah komunikasi sudah diabaikan. Mudah-mudahan kita bisa bersatu dengan spirit nasionalisme.

Ni Wayan Juliani

Denpasar-Bali

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.