Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Perencanaan keuangan sangat penting, terlebih jika kebutuhan semakin kompleks. Demi menjaga kondisi finansial, Anda harus memperhatikan alokasi dana.

siapkanlah dana untuk pemenuhan kebutuhan masa mendatang. Membuka rekening tabungan adalah solusi penyiapan dana yang efektif dan aman tentunya.

Lalu, berapa rekening yang harus dibuka? Haruskah lebih dari satu? Untuk paham secara menyeluruh, yuk, cek dulu artikel yang dilansir dari Swara Tunaiku ini.

1. Manfaat Mempunyai Rekening Tabungan

Menabung adalah pola hidup yang harus diterapkan kepada setiap orang agar mampu mengelola keuangannya dengan baik. Bahkan, menabung dapat menekan pengeluaran seseorang yang konsumtif. Pentingnya menabung sangat banyak. Dengan menabung, berarti Anda sudah memikirkan kebutuhan di masa depan. Karenanya, rekening tabungan di bank sangat diperlukan.

Produk tabungan di bank adalah yang utama. Banyak nasabah yang membuat rekening tabungan karena manfaatnya yang dapat digunakan untuk menyimpan uang dengan aman. Penyimpanan dana di bank dalam bentuk tabungan ini juga dapat diambil sewaktu-waktu ketika membutuhkan. Karenanya, lebih banyak nasabah yang memilih membuka rekening tabungan.

2. Pertimbangan untuk Membuka Rekening Tabungan

Mengingat pentingnya menabung, Anda harus mempertimbangkan pembukaan rekening tabungan di bank. Pilihlah bank yang kredibel atau terpercaya yaitu sudah banyak direkomendasikan karena produk dan layanannya terjamin.

Anda juga harus mempertimbangkan spesifikasi produk tabungan yang ditawarkan oleh pihak bank. Pilihlah produk tabungan yang spesifikasinya sesuai. Perhatikan biaya administrasi dan saldo awal pembukaan rekeningnya. Perhatikan pula saldo minimum rekening yang mengendap. Sesuaikan dengan dana Anda.

Pertimbangan berikutnya adalah biaya administrasi kartu ATM dan ketersediaan pelayanan ATM. Produk tambahan seperti mobile banking dan internet banking juga menjadi pertimbangan. Detail biaya dan tambahan ketentuan lainnya dapat Anda perhatikan lebih lanjut.

Baca juga:  Utang Belum Lunas Tapi Bisa Pinjam Lagi? Ini Jurus Jitunya

Berbagai spesifikasi produk dan kredibilitas bank tersebut tentu saja berpengaruh pada kepercayaan masyarakat akan jadi membuka rekening atau tidak. Selain itu, hal tersebut berpengaruh pula pada jumlah rekening tabungan yang akan dibuka oleh calon nasabah.

3. Jumlah Ideal Rekening Tabungan

Mempunyai rekening tabungan di bank merupakan salah satu upaya mempersiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Anda dapat mengajukan produk tabungan yang paling sesuai dengan kemampuan finansial.

Mengenai keharusan jumlah rekening tabungan yang dimiliki, tidak ada ketentuan khusus. Sebenarnya, jumlah rekening tabungan yang dimiliki fleksibel.

Jumlah tersebut ditentukan oleh nasabah itu sendiri karena pembukaan rekening juga sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, agar Anda merasa lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan, bisa membuka lebih dari satu rekening tabungan.

Jadi, Anda dapat menentukan beberapa kebutuhan yang harus mengumpulkan dana untuk memenuhinya. Sebagai contoh, Anda membuka rekening tabungan umum, tabungan pendidikan, dan lainnya.

Setiap rekening tabungan tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, sesuai dengan namanya. Dengan demikian, tidak ada batasan khusus atau aturan ideal yang mengaturnya.

Kesempatan untuk mengalokasikan dana dengan baik dan aman haruslah dimanfaatkan. Kini, sudah banyak bank yang memfasilitasi persiapan dana dalam bentuk produk tabungan.

Anda harus memanfaatkannya secara optimal. Dengan membuka rekening tabungan, Anda berkesempatan mendapatkan keuntungan melalui bunga ataupun undian berhadiah. Asuransi juga bisa diikuti.

Mengingat pentingnya menabung, Anda perlu mempunyai rekening tabungan untuk menyimpan dana dengan aman. Lagipula, banyak keperluan lain yang membutuhkan dana, termasuk kebutuhan darurat di masa yang akan datang. Anda tidak akan pernah tahu. Oleh karena itu, siapkan dana lewat rekening tabungan di bank. Anda akan menyisihkan uang dengan menabung. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.