Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ada beberapa tipe kepribadian manusia bisa kamu temukan, introvert, ekstrovert, dan ambivert. Semuanya memiliki karakter yang berbeda-beda.

Introvert diartikan sebagai orang yang gemar menghabiskan waktu sendiri. Ekstrovert adalah kebalikannya. Sedangkan ambivert adalah keduanya. Namun, benarkah orang introvert lebih hemat dari ekstrovert? Simak, yuk, penjelasan dari Swara Tunaiku ini!

Dibanding dua jenis karakter lainnya, orang introvert memang cenderung jauh lebih baik dalam pengelolaan keuangan. Mereka yang kehidupan sosialnya biasa saja dan jarang menghabiskan waktu di luaran memang bisa menjaga kondisi keuangan mereka jadi lebih baik. Apa saja yang tindakan yang buat mereka lebih hemat?

1. Tidak Suka Hangout

Salah satu kegiatan yang buat orang introvert lebih hemat dibanding ekstrovert adalah mereka tidak suka hangout. Kebanyakan orang introvert malas melakukannya karena mereka memang tak terlalu gemar menghabiskan waktu di tempat ramai. Dengan menolak ajakan hangout dari teman, jelas itu bisa menghemat pengeluaran mereka.

2. Weekend di Rumah adalah Surga

Bagi seorang introvert, menghabiskan waktu di rumah saja ketika akhir pekan adalah surga yang tiada duanya. Dengan menghabiskan waktu dengan bersantai di rumah, mereka bisa sangat bahagia. Dari kacamata finansial sendiri, hal ini jelas akan membuat keuangan mereka lebih baik.

Sebab, mereka tak akan mengeluarkan biaya transportasi dan tak perlu juga mengeluarkan biaya makan karena berada di rumah. Terlebih untuk mereka yang suka masak. Hal ini jelas membuat keuangan mereka lebih baik karena mereka bisa menyantap hidangan sendiri.

3. Tak Suka Nonton Konser

Meski mereka suka suatu band atau penyanyi terkenal layaknya orang lain, tapi mereka jarang sekali ikut menonton konser Harga tiket konser penyanyi atau band terkenal biasanya sangat mahal, bisa mencapai angka jutaan Rupiah per tiketnya. Bagi seorang introvert, tak penting melihat idolanya bernyanyi langsung.

Baca juga:  Mau Sukses Berinvestasi? Ini 6 Karakter yang Harus Dimiliki

Mereka bisa mendengarkan musik yang mereka sukai sendiri baik dari Youtube ataupun dari aplikasi mendengarkan musik. Dengan begini, mereka akan menyelamatkan uang hingga jutaan Rupiah dengan tidak menonton konser.

4. Lebih Suka Belanja Daring

Oleh karena seorang introvert lebih senang menghabiskan waktu di rumah saja, maka mereka juga tak senang keluar untuk berbelanja. Mereka lebih senang belanja daring saja. Dengan belanja daring, mereka akan terfokus pada satu hal saja yang akan dibeli, tidak tergoda dengan barang-barang lain yang serupa dan sebenarnya tak mereka butuhkan.

Berbeda dengan langsung berangkat ke pusat perbelanjaan. Mereka bisa saja khilaf ketika melihat barang bagus atau diskon. Meski tak menutup kemungkinan hal ini juga bisa terjadi tatkala mereka berbelanja daring, tapi setidaknya mereka tak akan melihatnya langsung dan menemukan toko penjual barang bagus dan diskon dengan mudah.

5. Bisa Hidup Lebih Sehat

Hal lain yang membuat introvert lebih hemat adalah mereka yang sangat paham kapan waktu beristirahat, kapan waktu santai dan kapan waktunya istirahat. Mereka sangat menjaga kondisi mereka.

Dengan begini, tentunya mereka tak akan mengeluarkan uang tambahan untuk biaya berobat sebab tubuh mereka lebih sehat dan mental mereka juga lebih baik.

Itulah beberapa hal yang bisa buat seorang introvert lebih hemat dibanding seorang ekstrovert. Ada untungnya juga menjadi orang yang tak doyan kumpul, kan?

Selain itu, seorang introvert ini biasanya juga penuh perhitungan dalam mengambil langkah. Jadi, mereka akan memikirkan baik-baik semuanya sebelum mengambil keputusan yang sia-sia. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.