SEMARAPURA, BALIPOST.com – Berrtepatan hari raya Kuningan, Sabtu (3/8) hari ini, Pratisentana Sri Nararya Kresna Kepakisan (PSNKK) melaksanakan pujawali di Pura Kawitan Dalem Agung yang terletak di Banjar Dukuh Nyuh Aya, Gelgel, Klungkung. Rangkaian pujawali diawali Jumat (2/8), dengan melaksanakan pacaruan di utama mandala, dilanjutkan mendak ida bhatara dari penyimpanan, lanjut ke beji, kemudian dilaksanakan upakara ngiyas.

Sebelum mendak ida Bhatara juga diselenggarakan upacara pecaruan dan melaspas balai kulkul di madya mandala. Hingga malam, Ida Bhatara kawitan Pratisentana Sri Nararya Kresna Kepakisan, sudah diistanakan di pelinggih Pangaruman.

Baca juga:  Ini, Pengalihan Arus Lalin Selama Pujawali di Pura Ulun Danu Batur

Bertepatan hari raya Kuningan yang merupakan pujawali Ida Bhatara Kawitan, umat yang ingin melaksanakan persembahyangan sudah bisa dilakukan sejak pagi. Prosesi pujawali akan dilaksanakan pada pukul 11.00 Wita, dipuput Ida Pedanda.

Sementara itu, seiring banyaknya pratisentana Ida Bhatara yang akan melaksanakan persembahyangan, guna menjaga kenyamanan umat, panitia pujawali akan melaksanakan sistem kartu bagi pasemetonan PSNKK yang akan tangkil ke pura Dalem Agung untuk melakukan persembahyangan. “Kami sampaikan permakluman sehingga proses upakara dapat berjalan lancar,” kata Ketua Panitia Pujawali, I Gusti Agung Made Budiara.

Baca juga:  Binatu RSUP Sanglah, Tangani Pakaian Pasien Seribuan Kilo Sehari Gunakan 6 Macam Deterjen

Lebih lanjut dikatakan, untuk upacara panyineban akan diselenggarakan pada Selasa (6/8), sekira pukul 16.00 Wita. Pasemetonan PSNKK yang belum sempat melakukan persembahyangan dapat melakukan saat berlangsungnya bhakti pengayaran selama tiga hari, dari hari Minggu (4/8) hingga Selasa (6/8). (Agung Dharmada/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *