Gerakan peduli sampah plastik bergaung kembali setelah Gubernur Bali, Wayan Koster, melakukan gebrakan khusus. Kini, gerakan ini sudah menjadi agenda nasional. Sebagai warga Bali, saya sangat mendukung langkah ini.

Mestinya untuk melakukan gerakan membebaskan alam Bali dari sampah plastik semua pihak harus terlibat. Mudah-mudahan dengan bangkitnya kepedulian terhadap sampah plastik ini, peluang dan langkah menjaga Bali bersih ke depan makin jelas.

Saya usulkan agar semua sekolah memiliki wilayah untuk kebersihan ini. Sekolah-sekolah hendaknya memiliki agenda untuk melakukan gerakan memungut sampah plastik terjadwal dan teragendakan.

Jika ini bisa dilakukan, saya yakin budaya peduli alam Bali akan terbangun. Anak-anak sekolah hendaknya menjadi pionir gerakan ini. Setidaknya, kaula muda dan milenial sekarang memiliki program positif untuk pewarisan Bali bersih ke depan.

Baca juga:  Gedassamtik di Besakih, Polda Siap Kerahkan Personel

Saya juga berharap, para Kepala Dinas Pendidikan di kabupaten/kota mengedukasi para kepala sekolah untuk menggerakkan hal ini. Para kepala sekolah hendaknya memiliki visi yang sama untuk menjaga Bali. Mudah-mudahan gerakan peduli sampah plastik ini terus bergaung dan dijabarkan sehingga beban lingkungan Bali tak  parah. Mari kita jaga Bali dengan semangat yang sama.

I Gede Putramana

Gianyar, Bali 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.