DENPASAR, BALIPOST.com – Layanan data XL di Bali mengalami peningkatan dalam setahun terakhir. Persentase peningkatannya mencapai 35 persen. Demikian dikemukakan Head Of Sales XL Axiata area Gerater Denpasar Sumbawa, Eko Setyawan didampingi Head of Sales Gianyar dan Bali Outer, Riswan Juara Sitorus, Senin (22/7).

Menurut Eko, XL terus membangun dan memperkuat jaringan data 4G LTE di Bali. Langkah strategis ini perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Bali atas layanan data dari XL Axiata terus meningkat. “Selain aspek bisnis, spirit kami dalam memperluas dan memperkuat jaringan data ke berbagai wilayah Bali adalah ikut berkontribusi dalam upaya pemerintah daerah setempat memajukan wilayahnya. Tersedianya infrastruktur jaringan data yang berkualitas, antara lain berupa sambungan internet cepat, akan memungkinkan pelaksanaan digitalisasi di berbagai bidang yang pada akhirnya mendukung percepatan pembangunan di berbagai bidang, termasuk sektor pariwisata yang menjadi tulang punggung ekonomi Bali.”

Eko menambahkan, pada 2019 ini XL Axiata akan melanjutkan kebijakan pembangunan jaringan data hingga menjangkau seluruh pelosok di Bali, baik dengan penambahan jaringan ataupun peningkatan kapasitas. Berkat penguatan ini, jaringan data berkualitas XL Axiata telah menjangkau hampir semua kota/kabupaten atau sekitar 98 persen populasi Bali dengan didukung oleh lebih dari 5.600 BTS termasuk lebih dari 4.100 BTS data (3G/4G).

Baca juga:  Selama KTT G20, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik Hampir 60 Persen

Menurut Eko, sebagai daerah tujuan wisata popular baik di Indonesia maupun dunia, Bali sangat membutuhkan ketersediaan jaringan data yang kuat. Industri wisata Bali dengan ekosistemnya yang luas memerlukan dukungan infrastruktur data yang baik untuk mendorong terutama promosi.

Selain itu, ketersediaan layanan data yang baik juga menjadi tuntutan wisatawan. Mereka butuh layanan data yang baik untuk mengabarkan pengalaman dan keelokan alam dan budaya Pulau Dewata di jejaring sosialnya. Berdasarkan daya BPS Bali, tercatat lebih dari 6 juta wisatawan asing yang berkunjung ke Bali sepanjang 2018 lalu.

Jumlah pelanggan di Bali hingga akhir Juni 2019, tercatat sekitar 1,8 juta pelanggan, dengan lebih dari 95 persen merupakan pelanggan data aktif. Jumlah pelanggan data di Bali ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan meluasnya jaringan 4G LTE XL Axiata, ditambah dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat yang berada di area perkotaan ataupun pedesaan untuk memanfaatkan layanan data guna mendukung aktivitas kesehariannya.

Selain menunjang sektor wisata, jaringan data yang kuat juga akan mendukung produktivitas masyarakat Bali di sektor penting lainnya, termasuk perekonomian rakyat, kesehatan, dan pendidikan. Hingga kuartal pertama 2019, jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 55,1 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 86 persen dari total pelanggan.

Baca juga:  Diperkuat, Jaringan Data Sambut Ramadan dan Lebaran di Rumah

Jaringan infrastruktur jaringan yang mendukung berupa lebih dari 122 ribu BTS, termasuk lebih dari 85 ribu BTS data (3G & 4G), yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km. Saat ini jangkauan layanan data 4G XL Axiata juga telah melayani sekitar 405 kota/kabupaten di Indonesia.

Unggulan XL

Selain berupaya menghadirkan jaringan data berkualitas, tambahnya, XL Axiata juga menyediakan beragam program dan produk untuk mengakomodir kebutuhan layanan data masyarakat di Bali. Beberapa layanan yang dihadirkan berupa kartu perdana dan voucher kuota paket Xtra Combo Lite.

Kedua jenis produk tersebut merupakan produk unggulan dari XL yang memberikan benefit internet mulai dari 4.5GB hingga 37GB. Seluruh pelanggan di wilayah Denpasar dan Sumbawa akan mendapatkan benefit tambahan kuota berupa “Double Lokal Kuota“ mulai dari 1.5GB hingga 18GB yang dapat digunakan di semua jaringan.

Baca juga:  Jangan Benturkan Pertanian dengan Pariwisata

Hal ini dilakukan untuk dapat meningkatkan experience pelanggan dalam penggunaan layanan data. Jika nomor pelanggan dipakai di luar wilayah tersebut, benefit tambahan kuota tidak berlaku, namun masih dapat menggunakan kuota reguler yang berlaku nasional.

Selain itu, XL Axiata juga mengakomodir masyarakat Bali dan Sumbawa dengan produk AXIS. Salah satu produk favorit bagi segmen anak muda dan kaum milenial ini menyuguhkan paket AXIS OWSEM, yaitu paket internet yang memberikan kuota utama, kuota malam (untuk internetan di pukul 00.00 – 06.00 WIB), dan kuota sosial media (untuk akses aplikasi Instagram, Twitter, Facebook, dan TikTok). Selain itu juga ada kuota musik (untuk akses aplikasi JOOX dan Smule).

Paket yang paling diminati pelanggan AXIS adalah Unlimited Gaming yang bisa untuk akses games AoV, Free Fire, Vain Glory, Mobile Legends, Asphalt 9, Modern Combat 5, dan HAGO. Selain itu, Masyarakat Bali bisa juga menggunakan paket AXIS BIGBRO 24 jam. Paket internet ini memberikan kuota utama dan terdapat bonus lokal kuota sampai dengan 4GB. Lokal kuota ini hanya bisa digunakan di area Bali. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *