Suasana di Perpustakaan Daerah Jembrana. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Tingkat kunjungan ke perpustakaan daerah Jembrana di Gedung Kesenian Bung Karno belakangan meningkat drastis. Pascarenovasi interior dan penataan perpustakaan, minat masyarakat khususnya generasi milenial datang ke perpustakaan tinggi.

Sejak beberapa bulan ini penampilan interior dalam perpustakaan yang dulunya monoton kini berubah menjadi lebih berwarna dan nyaman. Hal inilah yang diyakini memicu minat pengunjung datang ke Perpustakaan daerah. “Sejak ruangan direnovasi tingkat kunjungan naik signifikan. Bahkan lebih dari 100 persen dari hari-hari normal,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jembrana Ida Ayu Made Dharma Yanti Putra.

konsep yang diterapkan untuk desain interior memang sengaja dibuat menarik dan nyaman. Untuk mengimbangi itu, Perpustakaan daerah juga menambah koleksi buku berbagai jenis.

Dari data kunjungan, jumlah kedatangan orang ke perpustakaan setiap harinya rata-raya hingga 100 orang. Sebelum perpustakaan direnovasi, kunjungan paling banyak 20 orang. Itupun maksimal kunjungan terbanyak pada hari libur.

Baca juga:  ForBALI Beri “Penghargaan” untuk Gubernur

Tetapi belakangan pascarenovasi Januari lalu hampir setiap hari ada kunjungan ramai. Diantaranya ada yang meminjam buku, tetapi juga tak sedikit yang membaca di perpustakaan.

Konsep penataan perpustakaan modern memang menjadi trik memacu orang terkhusus generasi milenial meningkatkan budaya literasi membaca dan menulis. Selain keperluan literasi, perpustakaan juga menyediakan fasilitas komputer lengkap dengan akses internet untuk pengunjung berselancar di dunia maya.

Sejatinya meskipun dirancang modern tetapi bentuk interior ini menurutnya memiliki filosofi. Dua pilar besar yang seolah menyangga ruangan perpustakaan ini merupakan simbol pengetahuan bertumbuh dan berkembang tanpa batas. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.