Tari Topeng Samba dipentaskan di PKB 2019. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pengunjung Pesta Kesenian Bali (PKB) disuguhkan kesenian Betawi di Kalangan Ayodya, Taman Budaya, Art Center Denpasar, Minggu (7/7). Dalam kesempatan itu tampil komedian Haji Mastur dan kawan-kawan dengan lawakannya yang menghibur.

Sanggar Seni Betawi Ratna Sari, DKI Jakarta membawakan tari, musik dan teater Betawi ‘’Lenggang Batavia’’, diperkuat koreografer Jihan dan Kristianorai. Ada sejumlah garapan tari Betawi yang dibawakan kalangan anak-anak dan pelajar seperti Topeng Samba, Kembang Latar dan Kembang Rempuk.

Sanggar Ratna Sari ini juga membawakan lagu-lagu Betawi seperti ‘’Jali-jali’’ dan ‘’Nonton Bioskop’’. Juga ditampilkan permainan anak-anak.

Sebanyak 50 orang penari dan penabuh terlibat dalam gelar seni di Kalangan Ayodya yang dipadati penonton tersebut. Penonton tetap setia hingga pertunjukan selesai. Bahkan di sela-sela pentas, ada sejumlah penonton minta foto bareng dengan komedian Haji Mastur di belakang panggung.

Pimpinan Sanggar Ratna Sari Betawi Entong Sukirman menyampaikan, Sanggar Ratna Sari sudah dua kali tampil di PKB yakni tahun 2016 dan sekarang PKB 2019. Pihaknya merasa senang bisa tampil lagi di PKB. Ia salut Pemrov Bali, dalam hal ini Dinas Kebudayaan Bali sangat peduli dengan kesenian luar daerah. Karena itu kesenian daerah seperti Betawi mendapat kesempatan tampil dalam PKB.

Baca juga:  Gubernur Koster Tutup PKB Ke-41, Apresiasi Lancar dan Tertibnya Kegiatan

Bahkan, pihaknya menyampaikan budaya Betawi ada kemiripan dengan budaya Bali. Namun, diakui, pelestarian budaya Betawi belum maksimal, ada sejumlah kesenian yang hampir punah seperti Wayang Betawi.

Menurutnya, budaya daerah perlu dilestarikan karena terdapat nilai-nilai kearifan lokal untuk memperkuat jaditi diri. Karena itu kesenian harus tetap dilestarikan, jangan sampai punah.

Komedian Haji Mastur yang adik kandung Mandra ini juga merasa senang bisa tampil dan mendapat kesempatan lebih memperkenalkan kesenian Betawi di PKB.

Salah seorang penari Topeng Samba, Yossi, mengatakan dirinya mempersiapkan tampil di PKB dalam beberapa hari. Siswi kelas II SMK 34 Jakarta itu mengaku senang juga bisa menari di Bali. ‘’Ini pertama kali tampil di PKB. Kami senang,’’ ujarnya. (Subrata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.