Dirut AP I Fail Fahmi. (BP/son)

YOGYAKARTA, BALIPOST.com – PT Angkasa Pura I (AP I) menawarkan dua opsi terkait kontribusi untuk penurunan tarif penerbangan bertarif murah atau Low Cost Carrier (LCC). Meski demikian, usulan tersebut masih dibahas dalam rapat koordinasi antarstakeholder terkait sektor aviasi yang dimoderatori oleh Kemenko Perekonomian. Demikian dikatakan Direktur Utama AP I Fail Fahmi saat lokakarya media massa di Yogyakarta, Jumat (5/7).

Lokakarya bertema ”Menjawab Tantangan Sektor Transportasi Tingkatkan Konektivitas Joglosemar” yang diselenggarakan Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP), dibuka Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti. Selain Dirut AP I Faik Fahmi, pembicara lainnya adalah Dirut AirNav Novie Riyanto dan Corporate Deputy Director of Passanger Transport Marketing and Sales PT KAI Asdo Artriviyanto.

Baca juga:  Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports Dirilis, Harganya Hampir Capai Rp 600 Juta

Menurut Fahmi, dalam rapat koordinasi terdahulu, pihaknya telah menawarkan opsi untuk diskon 100 persen landing fee pada waktu-waktu low session atau opsi yang kedua yaitu memberikan diskon tarif 10 persen untuk landing fee pada semua bandara tanpa ada waktu-waktu tertentu. “Kita bisa berikan diskon 100 persen (landing fee) untuk rute-rute tertentu dan pada jam-jam tertentu pada waktu low season. Atau opsi yang kedua, kami akan berikan diskon 10 persen landing fee di seluruh penerbangan, di setiap waktu baik low maupun peak season,” ujarnya.

Baca juga:  Dari Dua Kawasan Wisata Ini Dinilai Lebih Siap dari Bali hingga Cuma Satu Zona Merah Ini Tambah Puluhan Terkonfirmasi COVID-19

Meski demikian, kontribusi biaya pelayanan bandara terhadap operasional penerbangan relatif kecil, di bawah angka 1 persen. Pemberian diskon tarif landing fee tersebut tidak akan banyak mengubah struktur biaya maskapai penerbangan. “Tapi karena spiritnya untuk membantu, maka kita siapkan opsi-opsi tersebut,” kata Fahmi.

Ia berharap kontribusi sektor-sektor lain termasuk BBM dan dari sisi navigasi udara, target untuk penurunan tarif LCC bisa terwujud. “Kita tunggu hasil pembahasannya yang saat ini masih berjalan,” pungkasnya. (Nikson/balipost)

Baca juga:  PLN Sambut HUT RI dan Asian Games dengan "Gebyar Kemerdekaan"
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *