Puluhan anggota Korem diberangkatkan ke Papua. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M.Suharyadi mengirim 23 anggotanya ke Papua. Puluhan personel tersebut diberangkatkan ke sana dalam penugasan Bawah Kendali Operasi (BKO) dan akan ditempatkan di Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari. Upacara pelepasan dilaksanakan Kamis (4/7) di Lapangan Makorem, Denpasar.

Danrem menegaskan, panggelaran satuan komando kewilayahan atau satuan teritorial dilandasi berbagai pertimbangan yang bersifat strategis. Selain itu juga dalam rangka pengembangan wilayah dalam membantu pemerintah daerah setempat. “Dengan dibentuknya satuan baru baik itu Kodim dan Koramil di kedua Kodam tersebut, dibutuhkan pemenuhan personel untuk operasional maka diberangkatkan 23 personel Korem 163/Wira Satya ke sana,” tegasnya.

Puluhan personel tersebut dibagi dua, 13 orang dikirim ke Kodam XVII/Cendrawasih dipimpinan Mayor Inf Ngakan Made Marjana. Sedangkan 10 personel ditugaskan ke Kodam XVIII/Kasuari dipimpinan Kapten Caj I Ketut Teken. “Personel yang melaksanakan penugasan di satuan-satuan komando kewilayahan baru dibentuk tersebut merupakan pioner yang dipercaya TNI Angkatan Darat dalam melakukan rintisan dan tugas-tugas teritorial atau tugas kewilayahan,” tegasnya.

Baca juga:  Dalam Pengaruh Miras, Siswa asal Papua Meninggal Saat Kecelakaan

Anggota tersebut diharapkan mampu melakukan pendekatan secara humanis terhadap masyarakat setempat dan menghargai kearifan lokal yang ada di sana. “Tugas ini adalah kehormatan dan kepercayaan. Pastikan tugas yang diemban ini dapat terlaksana dengan baik dan berhasil,” pinta Suharyadi. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.