Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Wabah penyakit Hepatitis A melanda Pacitan, Jawa Timur. Ratusan pasien telah ditetapkan positif Hepatitis A oleh dinas kesehatan terkait. Bupati Pacitan menetapkan status KLB Hepatitis A.

Sebagai Provinsi yang bertetangga dengan Jawa Timur, Bali semestinya waspada. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. I Ketut Suarjaya, MPPM. membenarkan terjadi wabah hepatitis A di Jawa Timur. Namun ia berharap Bali aman dari penyakit tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kota Denpasar dr. Ni Luh Sri Armini, M.Kes. mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan wabah atau peningkatan kasus hepatitis A di Kota Denpasar. “Di Denpasar tidak ada,” ujarnya Selasa (2/7).

Sri Armini menjelaskan, penularan penyakit hepatitis A lewat makanan dan minuman serta hygiene dan sanitasi yang buruk. “Kalau hepatitis B dan C baru lewat jarum suntik,” tandasnya.

Baca juga:  Epilepsi Kumat, Tewas di Sungai Saat Cuci Pakaian

Hepatitis A adalah penyakit yang berkaitan dengan pola hidup bersih dan sehat. Sehingga yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan dan hygiene sanitasi. (Citta Maya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.