DENPASAR, BALIPOST.com – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, akan menyelenggarakan kegiatan Jambore Pasraman Tingkat Nasional (Jampasnas) V di Denpasar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aston Hotel, Jalan Gatot Subroto, pada 2 hingga 7 Juli 2019.

Kegiatan tiga tahunan ini rencananya akan dibuka Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saefuddin, Rabu (3/6), pukul 19.00 Wita. Ketua Panitia, Drs. I wayan Budha, Mpd., didampingi Sekretaris Dirjen Bimas Hindu, I Made Sutresna, S.Ag, MA., mengatakan bahwa kegiatan Jambore Pasraman Nasional ini sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, kepedulian dan rasa kebangsaan kepada generasi muda Hindu dalam rangka memperkokoh keutuhan dan sekaligus turut serta membangun NKRI.

Pendidikan keagamaan Hindu disetiap pasraman di Indonesia memiliki karakteristik yang sangat khas dan berbeda-beda. Kekhususannya itu terletak pada diberinya ruang pada pengaruh adat atau budaya keagamaan yang berkembang pada daerah tertentu. “Melalui Jambore Pasraman V diharapkan ajaran agama Hindu dapat diimplementasikan dan dikolaborasikan dengan adat dan budaya setempat,” katanya.

Baca juga:  Sarana Upakara, Gerakan Tanam Kelapa Daksina Terus Didorong

Jambore yang mengambil tema peningkatan kepekaan dan solidaritas untuk kesadaran generasi muda hindu dalam tanggung jawab membangun masa depan bangsa, diikuti sekitar 880 orang di luar panitia dan juri. Dalam Jampasnas V, kegiatan yang dilombakan sepert lomba Mantra Tri Sandhya, Lomba Kramaning Sembah, Lomba Yoga Asanas, Lomba Cipta Baca Puisi Keagamaan Hindu, Lomba Bercerita Keagamaan Hindu, Lomba Pelafalan Doa Sehari-hari, Outbond, Tirtayatra dan kegiatan sarasehan.

Jampasnas diharapkan mampu mendorong dinamika generasi muda Hindu menjadi lebih dinamis, eksploratif dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasannya. Selain itu, memupuk jiwa patriotisme, nasionalisme dan memupuk rasa tanggung jawab dan rasa kepedulian. (Agung Dharmada/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.