Bupati Agus Suradnyana. (BP/mud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Kegiatan “Bali Bersih Touring and Fun 2019” digelar Minggu (14/7). Kali ini sebanyak 250 bikers akan mengikuti touring sepeda motor dari Lumintang, Denpasar menuju kawasan Danau Tamblingan, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng.

Aksi peduli lingkungan ratusan bikers ini merupakan gagasan Bali Post dalam mendukung visi Gubernur Bali Wayan Koster “Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” terutama menyangkut lingkungan dan sumber daya air Bali. Event otomotif dan peduli lingkungan ini mendapat sambutan positif Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana (PAS).

Bahkan, event ini dinilai sebagai partisipasi cerdas dalam menjaga kelestarian lingkungan, terutama danau dan hutan. Dukungan itu disampaikan saat menerima audiensi Panitia Bali Bersih Tour dan Fun 2019, Senin (1/7).

Bupati asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar ini mengatakan, Danau Tamblingan merupakan salah satu sumber daya air yang sangat disucikan dan dijaga kelestariannya. Selain sebagai penyedia sumber mata air baku, Danau Tamblingan merupakan kawasan hulu Bali.

Atas kondisi itu, upaya menjaga kelestarian danau dan hutan pemerintah belakangan ini semakin serius melakukan pemeliharaan kelestarian kawasna konservasi itu. “Selama ini kita intens memperbaiki kawasan hulu yang dianggap telah memberi kontribusi perbaikan lingkungan mendasar bagi Bali dan Buleleng,” katanya.

Baca juga:  LKPJ Bupati Buleleng Dikritisi, Data Ini Jadi Sorotan

Di tengah upaya yang dilakukan pemerintah daerah, partisipasi pihak ketiga, seperti yang dilakukan Bali Post adalah dukungan yang sangat positif. Bahkan, ia menilai aksi sosial seperti penanaman pohon, restocking benih ikan, edukasi tentang menjaga kelestarian lingkungan, dan kegiatan lain adalah ide cerdas yang baru pertama kali dilakukan.

Untuk itu, ia berharap partisipasi pihak ketiga melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) diikuti oleh stakeholders lain. Dengan demikian, kepedulian dan kesadaran menjaga lingkungan danau dan hutan semakin massif.

Sasaran menjaga daerah hulu yang disucikan itu dapat dicapai dengan optimal. “Saya kira ini upaya cerdas yang dilakukan Bali Post dan bagaimanapun event ini akan mendukung pemeliharaan daerah hulu. Mudah-mudahan stakeholders lain bisa meniru, sehingga lebih banyak yang sadar dan peduli untuk menjaga kawasan di sana (Danau Tamblingan, red),” jelas politisi PDI Perjuangan ini. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.