asuransi
Sapi di Pasar Umum dan Hewan Beringkit, Badung. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pelayanan kesehatan gratis tidak hanya dinikmati masyarakat Kabupaten Badung. Program layanan ini kini juga diperuntukkan bagi hewan yang diperjualbelikan di Pasar Hewan Beringkit.

Direktur Utama Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Mangu Giri Sedana Kabupaten Badung I Made Sukantra membenarkan hal tersebut. Pemerintah setempat memberikan pelayanan kesehatan hewan gratis bila ada permintaan dari peternak yang bertransaksi di pasar hewat tersebut. “Pelayanan kesehatan gratis lakukan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Bidang Kesehatan Hewan dan kami sebagai pelaksana,” katanya saat dikonfirmasi, Minggu (30/6).

Menurutnya, pelayanan kesehatan hewan secara gratis tidak hanya untuk hewan milik warga Badung, tapi berlaku untuk siapa saja yang bertransaksi di Pasar Beringkit. “Pelayanan kesehatan gratis ini diberikan jika ada permintaan dari petani. Bagi yang menginginkan tambahan vitamin untuk sapinya, kami berikan,” jelasnya.

Baca juga:  Mengolah Buah dan Sayur Agar Vitamin Tidak Hilang

Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Gede Asrama juga membenarkan pelayanan kesehatan hewan gratis. Pemeriksaan hewan di Pasar Beringkit merupakan agenda rutin. “Pemeriksaan diperlukan untuk sapi yang ke luar masuk di Pasar Beringkit khususnya sapi antarpulau. Dokumen pemeriksaan hewan itu kan penting,” ujarnya.

Pihaknya juga memberikan vitamin untuk sapi yang kebetulan bertransaksi di pasar tersebut. Selain di Pasar Beringkit, pemeriksaan hewan secara gratis diberikan secara rutin pada kelompok-kelompok ternak yang ada di masyarakat.  ” Pemeriksaan kesehatan hewan, kami berikan secara rutin pada kelompok-kelompok ternak di masing-masing kecamatan. Tapi jika ada permintaan vitamin di Pasar Beringkit untuk sapi ternak yang kebetulan bertransaksi di pasar, kami juga berikan,” pungkasnya. (Parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.