Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Meminjam uang di bank atau di platform pinjaman lain sudah jadi kebiasaan masyarakat saat ini. Mereka bisa membeli berbagai hal seperti rumah dan kendaraan dengan cara meminjam dana terlebih dulu.

Namun, untuk bisa dapat pinjaman, tentu skor kredit harus baik. Apa itu skor kredit dan bagaimana cara jaganya agar kamu mudah ajukan pinjaman? Ini dia penjelasannya sebagaimana dikutip dari Swara Tunaiku.

Apa Itu Skor Kredit? Dalam mengajukan pinjaman uang, bank biasanya akan memperhatikan sejarah dari si calon peminjam tersebut. Sejarah yang dimaksud adalah apakah si calon memiliki kelayakan kredit atau pernah bermasalah atau tidak dengan bank lain. Inilah yang disebut dengan skor kredit. Skor kredit yang tinggi lebih mudah dapat pinjaman karena risiko kredit macet lebih rendah.

Cara agar Skor Kredit Tinggi

1. Pastikan Informasi Kredit Sudah Benar

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat skor kredit kamu baik adalah dengan memastikan informasi kredit sudah benar. Pengajuan kredit di bank atau platform pinjaman biasanya akan memperhatikan data yang kamu miliki. Oleh sebab itu, periksalah lebih dulu data dari laporan kredit yang dibuat perusahaan laporan kredit atasmu.

Jangan sampai kamu menemukan kesalahan data semisal kesalahan penulisan alamat atau kesalahan penulisan data rekening. Sebab, hal ini akan membuat kamu bermasalah bila mengajukan kredit atau pinjaman nantinya.

2. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Ketika skor kredit yang kamu miliki cukup bagus, biasanya pihak bank akan menawarkan kartu kredit dengan limit tertentu pada kamu. Jika kamu menggunakan kartu kredit, ada baiknya kamu membatasi jumlah penggunaannya. Penggunaan kartu kredit yang banyak memang bisa menaikkan skor kredit kamu.

Namun, kalau kamu terlambat bayar, itu akan mempengaruhi skor kredit yang dimiliki menjadi lebih jelek. Oleh sebab itu, pahami seberapa besar kebutuhan kartu kredit kamu dan batasi juga penggunaan sesuai dengan kemampuan bayar agar skor kredit kamu tak anjlok.

Baca juga:  Siapkan Dana Menikah dalam Waktu Satu Tahun, Berikut Tipsnya

3. Jangan Sampai Terlambat Bayar Cicilan

Salah satu hal yang membuat skor kredit kamu anjlok adalah terlambat membayar cicilan. Cicilan yang dimaksud adalah cicilan kredit di bank ataupun cicilan kartu kredit, dan lainnya. Selain akan terkena denda karena terlambat dalam membayar cicilan, kamu juga akan membuat skor kredit yang dimiliki jelek.

Sebaiknya, kamu selalu mencatat tanggal berapa harus membayar cicilan. Jangan sampai lupa akibat kesibukan. Kalau mau mudah, kamu bisa memanfaatkan fitur pembayaran otomatis yang secara otomatis akan memotong saldo kamu saat jatuh tempo sebelum kamu lupa bayar.

4. Menyesuaikan Tanggal Pembayaran Cicilan dengan Tanggal Gajian

Jika kamu baru bisa membayar tagihan tatkala gajian, ada baiknya kamu diskusikan lebih dulu dengan pihak penyelenggara pinjaman terkait tanggal jatuh tempo. Ini sangat bermanfaat untuk menjaga skor kredit lebih baik.

Semisal kamu baru gajian tanggal satu, baiknya mintalah pengajuan jatuh tempo pada tanggal 5 untuk jeda waktu kalau ada masalah.

5. Menciptakan Berbagai Macam Kredit yang Sehat

Selain itu, skor kredit juga bisa kamu naikkan dengan memiliki riwayat kredit yang sehat. Itu artinya, kamu harus tepat waktu dalam membayar semua tagihan dan cicilan yang dimiliki. Makin banyak kredit yang kamu miliki, biasanya bank akan semakin suka dan akan mempermudah kamu dalam mengajukan pinjaman.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika ingin skor kredit yang dimiliki bagus dan mempermudah dalam mengajukan pinjaman ke pihak bank atau platform pinjaman lain. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.