Putri Suastini Koster bersama sejumlah istri menteri Kabinet Kerja menyaksikan lomba gebogan di areal PKB, Art Center. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster bersama sejumlah istri Menteri Kabinet Kerja menyaksikan langsung lomba membuat gebogan untuk Upacara Dewa Yadnya, lomba membuat Gebogan Kreasi, Lomba Membuat Banten Prayascita, Lomba Ngulat Tipat dan Lomba Merangkai Bunga Meja serangkaian Pesta Kesenian Bali XLI di Taman Budaya Art Center, Minggu (16/6).

Adapun istri Menteri Kabinet Kerja yang tampak hadir, di antaranya istri Mendagri Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang juga Ketua TP PKK Pusat, istri Seskab Ny. Hani Pramono Anung, istri Menteri ATR/BPN Ny. Ratna Megawangi Djalil, istri Menhub Ny. Endang Budi Karya, istri Menteri Koperasi Ny. Bintang Puspayoga dan istri Menhan Ny. Nora Ryamizard Ryacudu.

Ketua TP PKK Pusat Ny. Erni Guntarti mengatakan lomba merangkai bunga dan buah ini merupakan bentuk luar biasanya karya budaya dan seni masyarakat Bali.

“Bagus, banyak yang kreatif dan inovatif. Apalagi kan (orang Bali-red) terkenal rasa seninya tinggi sekali,” kata Ny. Erni. Istri Mendagri Tjahjo Kumolo ini mengapresiasi penggunaan buah dan bunga lokal dalam lomba ini. Menurutnya keterampilan ini bisa bermanfaat untuk perekonomian keluarga.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster mengatakan lomba ini mendukung visi Gubernur Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali karena menggunakan bahan-bahan alam. “Itu sesuai dengan Pergub (Nomor 99 tahun 2018 tentang Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali, red) juga adalah pemanfaatan hasil-hasil bumi kita, hasil-hasil lokal kita baik di bidang pertanian dan kerajinan tangan,” kata istri Gubernur Bali Wayan Koster ini.

Baca juga:  Jadwal PKB, Rabu 19 Juni 2019

Ia berharap kebijakan yang mendukung pertanian lokal ini bisa terus digaungkan hingga terdengar ke mancanegara.

Ny. Putri Koster juga mengatakan lomba ini sangat bagus untuk kemajuan ibu-ibu di Bali. Lomba ini menurutnya menjadi tolak ukur kemampuan sekaligus menjadi ajang saling tukar ilmu dan keterampilan di antara Ibu-Ibu PKK. “Bagi titiang ini bagus sekali jadi ajang bertemunya ibu-ibu ajang untuk saling menginspirasi di antara kaum perempuan,” jelasnya.

Selain melihat lomba membuat Gebogan, Ny. Putri Koster mengajak istri Menteri Kabinet Kerja berkeliling ke stan-stan pameran di Art Center. Para istri Menteri tampak antusias mengunjungi stan-stan pameran bahkan berbelanja kerajinan khas Bali. Kunjungan ini tentunya berdampak positif terhadap stan-stan yang diisi UMKM Bali. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.