DENPASAR, BALIPOST.com – Kehadiran Presiden RI Joko Widodo, Jan Ethes (anak Gibran-Selvi) memberi warna pada pembukaan PKB ke-41,Sabtu (15/6). Perlaku Jan Ethes yang lucu membuat krama Bali yang menyaksikan pembukaan PKB memberi aplaus.

Dia tak mau kalah dengan kakeknya yakni mengenakan pakaian adat Bali, mulai dari saput, destar dan kampuh Bali. Jan Ethes tampak mengenakan baju putih dengan udeng songket warna cokelat dan kampuh gelap.

Dia juga membawa mainan sepeda motor. Di atas mobil hias, Jan Ethes dan Jokowi tampak melambaikan tangan ke arah masyarakat. Cucu Jokowi ini tampak lucu dan betah mengenakan pakaian adat.

Bahkan Jan Ethes, kata Staf Khusus Kepresidenan, A.A. Gede Ngurah Ari Dwipayana, masih mengenakan pakaian adat Bali di pesawat kepresidenan saat balik ke Jakarta.

Baca juga:  Kuningan di Pura Desa Panji, Warga Gelar "Naur Sesaon"

Budayawan Prof. Wayan Dibia mengaku dengan mengajak anak dan cucunya berpakaian adat Bali, Presiden Jokowi secara langsung memberi contoh kepada anak dan cucunya mencintai seni budaya bangsa. ‘’Sekalipun kita memiliki pakaian adat dan seni berbeda, sangat bagus Presiden Jokowi memberi pembiasaan kepada cucunya untuk mengenal dan mencintai tradisi suku bangsa,’” tegas Dibia.

Hal yang sama diungkapkan Prof. I Made Bandem, bahwa apa yang dilakukan krama Bali dengan mengajak anak dan cucu berpakaian adat juga dilakukan Presiden Jokowi. Jokowi, kata dia, menjadi model mencintai Nusantara bahkan karakternya yang dekat dengan rakyat ditandai dengan swafoto dengan warga usai membuka PKB. (Sueca/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.