NEGARA, BALIPOST.com – Seekor Hiu ditemukan terdampar di Pantai Sumbersari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Senin (10/6) pagi. Saat ditemukan terdampar oleh warga, hiu dalam kondisi utuh akan tetapi terlihat lemas.

Sejumlah warga berupaya mengembalikan Hiu itu ke laut namun tidak bisa dan akhirnya mati. Ketua Kelompok Darwis Banjar Sumbersari I Ketut Subanda mengungkapkan seorang anggota Pokdarwis I Putu Singkong, melihat Hiu terdampar sekitar pukul 06.30 Wita di pinggir pantai. Ketika ditemukan, kondisi ikan sudah lemas namun masih bisa bergerak.

Sejumlah warga dari Pokdarwis selanjutnya mengupayakan menyelamatkan hitu tersebut dengan mendorong ke tengah. Tetapi tidak bisa lantaran kondisi ikan sudah lemas hingga akhirnya ikan tersebut mati.

Mendapati informasi tersebut, petugas dari bidang Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Pengambengan (PSDKL) Pengambengan, dipimpin oleh Albertus Septiono melakukan pengecekan ke lokasi untuk memastikan jenis dan akibat kematian hiu itu.

Baca juga:  Bangkai Paus Lodan Terdampar di Pantai Rangkan

Menurut Septiono, ikan yang terdampar itu merupakan Carcharinus longimanus, masih satu famili dengan Hiu Koboy. Panjang ikan sekitar 2,84 meter, lingkar badan 80 cm dan seluruh bagian tubuh masih utuh.

Tidak ada luka pada tubuh hiu. Petugas dari PSDKL Pengambengan selanjutnya membawa bangkai ikan hiu tersebut untuk dibekukan.

Kepala Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, I Made Dwi Maharimbawa mengatakan selama kurun waktu 10 tahun terakhir ini baru sekali diketahui ada hiu terdampar di wilayah pesisir Jembrana.  Sebelumnya pada tahun ini, ada dua kasus hewan laut yang mati terdampar, yakni paus yang mati terdampar di pantai Air Kuning dan Pekutatan. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.