Sejumlah pengendara roda dua turun dari kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. (BP/udi)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sepeda motor merupakan jumlah terbanyak yang digunakan oleh pemudik pada tahun ini. Berdasarkan pantuan sepekan selama arus mudik, moda transportasi jenis sepeda motor yang digunakan pemudik mencapai 92.149 unit.

Disusul, mobil pribadi sebanyak 80.444 unit dan bus sebanyak 1.789 unit. Data di Posko Induk Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Jumat (7/6), jalur darat menjadi pilihan terbanyak bagi pemudik, dan pintu keluar terbanyak yang dilalui pemudik adalah pelabuhan Gilimanuk.

Peningkatan pemudik di Gilimanuk terlihat sejak H-6, sejumlah 69.655 orang. Puncak terbanyak di H-4 mencapai 107.017 orang. Dan di H-1 menurun menjadi 60.299 orang.

Sedangkan di Pelabuhan padangbai, peningkatan terlihat di H-3 sebanyak 7.548 orang sedangkan di H-1 juga mengalami penurunan sebanyak 2.332 orang.

Baca juga:  Lelaki Ini Gelapkan Mobil Sebagai Pengganti Jaminan

Puncak peningkatan penumpang berangkat di bandara Ngurah Rai terlihat di H-2 Lebaran sebanyak 13.142 orang. Sementara H-1 mengalami penurunan sebanyak 12.194 orang.

Kadis Perhubungan Provinsi Bali, Ir. I Gde Wayan Samsi Gunarta, M.Appl.Sc, mengatakan, untuk mudik tahun ini, sebanyak 52 persen pemudik memilih moda transportasi roda dua untuk mudik. “Sedangkan roda empat sebanyak 46 persen, menggunakan bus dan pesawat masing-masing sebanyak 1 persen,” katanya. (Agung Dharmada/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.