Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2019/ 2020 masih banyak dipertanyakan masyarakat. Saya pikir kegalauan masyarakat ini perlu diobati oleh pemerintah dengan memberikan informasi seluas-luasnya kepada publik.

Dinas Pendidikan Provinsi Bali saya nilai perlu lebih membuka informasi sistem penerimaan siswa baru ini. Zonasi dengan sistem cepat-cepatan modelnya seperti apa? Apakan nanti email sekolah akan dikirim hanya kepada sekolah atau orangtua siswa di sekitar sekolah?

Hal lain yang saya tanyakan adalah sistem prestasi. Apakah bobot prestasi akan diatur seperti tahun lalu? Ini penting dijelaskan karena tahun lalu banyak anak berprestasi gagal menembus sekolah tujuannya karena salah memilih piagam prestasi.

Jika sekarang ada kelonggaran kepada anak berprestasi memilih sekolah mohon juga dijelaskan mekanismenya. Saya juga usul agar piagam prestasi asli dan ada tim verifikasinya.

Baca juga:  Zonasi dan Kepentingan Politik

Apakah piagam prestasi hanya berlaku bagi piagam yang diteken lembaga pemerintahan atau bisa pihak swasta yang berkompeten. Karena banyak ada kegiatan tingkat provinsi yang digelar pihak swasta. Mudah-mudahan tahun ini penerimaan siswa baru berjalan lancar dan transparan. Untuk itu ruang bagi publik mengawasi juga harus dibuka.

Ni Putu Purnaminingsih

Denpasar, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.