SINGARAJA, BALIPOST.com – Industri pariwisata di Buleleng barat, persisnya di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak semakin menggeliat. Sejalan dengan perkembangan itu, akomodasi wisata, terutama hotel mulai dibuka di desa ini.

Dari sekian banyak hotel yansg beroperasi, salah satu hotel yang dikelola oleh warga pribumi. Hotel itu adalah Adi Assri Beach Resort and Spa Pemuteran.

Hotel ini berada pada posisi yang berbatasan dengan Teluk Pemuteran berombak tenang. Sedangkan di sebelah selatannya membentang Bukit Pulaki yang kokoh.

Tidak heran dengan kondisi topografi itu, hotel di Dusun Pala Sari Desa Pemuteran ini menawarkan view Nyegara Gunung (pantai dan bukit, red).

Hotel yang resmi beroperasi pada 2008 ini memiliki 80 unit kamar. Dari puluhan kamar itu dibagi menjadi tipe Standard Garden View, Deluxe Garden View, Deluxe Premium, Super Deluxe Sea View dan Villa Two Bed Room.

Kamar-kamar itu didesain tanpa meninggalkan asitektur bangunan di Bali. Tidak saja dari luar, namun suasana di dalam kamar pun memakai desain khas Bali.

Hotel ini juga dilengkapi Drupadi Spa, tiga kolam renang termasuk kolam untuk anak juga disedikan di resort ini. Satu-sastunya resort yang dikelola warga pribumi ini juga memiliki kebun luas.

Kebun ini selain ditanami pohon perindang, arealnya juga sudah berisi tanaman kepala asli yang endemis di Pemuteran. Di bagian utaranya, berbatasan dengan pantai yang sangat cocok untuk diving dan snorkeling. Sementara, di selatan, pemandangan ekskotik adalah bentangan Bukit Pulaki yang begitu kokoh.

Baca juga:  Enam Vila Terbakar di Pemuteran, Kerugian Ditaksir Rp 2 Mliar Lebih

Bagi pengunjung yang senang untuk menikmati wisata bahari dan indahnya alam bawah laut bisa mencoba paket wsiata bahari yang ditawarkan. Dari lokasi hotel, pengunjung diantarkan speedboat dengan menempuh perjalanan laut sekitar 25 menit.

Spot diving dan snorkeling bisa dinikmati adalah kawasan Pulau Menjangan yang berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Spot diving yang tidak kalah indahnya juga ditawarkan dengan taman terumbu karang buatan menggunakan teknik biorock.

Sementara, kalau tamu suka hiking juga akan dilayani di resort ini. Paket ini menawarkan track hiking ke Bukit Pulaki yang dikenal memiliki arura spiritual tinggi.

Selain itu, pada titik tertentu di atas perbukitan, pengunjung bisa mengabadikan liburan dengan foto selfie berlatar belakang Teluk Pemuteran tenang dan membiru.

Owner Adi Assri Beach Resort and Spa Pemuteran, Komang Sumantri, belum lama ini mengatakan, sejak beroperasi 2008, tingkat hunian menunjukkan tren positif. Dari pengalaman itu, wisatawan asal Eropa mendominasi kunjungan.

Sedangkan, wisatawan dalam negeri, terbanyak dari Jakarta, Surabaya dan beberapa daerah di Jawa. Untuk wisatawan lokal ini, hunian meningkat ketika memasuki libur hari raya, seperti Lebaran, Natal dan Tahun Baru (Nataru). Selain itu, jarak yang dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembrana membuat para tamu berlibur ke Pemuteran. “Tempatnya strategis dan fasilitas kami sediakan, sehingga wisatawan kami berikan jaminan kepuasan setelag menghabiskan hari libur di resort kami ini,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.