MANGUPURA, BALIPOST.com – Arus keberangkatan penumpang di Terminal Mengwi, Badung terus menunjukkan peningkatan signifikan. Bahkan, hingga H-3 perayaan Lebaran, jumlah penumpang yang mudik melalui terminal tipe A ini mencapai 4,099 penumpang dengan 127 armada.

Koordinator Terminal Tipe A Mengwi, Cok Agung Swarmaya saat dikonfirmasi Senin (3/6) membenarkan perihal tersebut. Lonjakan mulai terlihat H-7 atau pada 29 Mei dengan jumlah penumpang 2,728 penumpang. “Kalau tahun lalu jumlah penumpang H-7 mencapai 2,411 orang dengan 80 armada, kalau sekarang 2,728 penumpang dengan 92 armada,” ungkapnya.

Menurutnya, lonjakan penumpang juga terlihat pada arus kedatangan penumpang ke Bali, khususnya Badung melalui Terminal Mengwi. “Memang jumlahnya tidak sebanding dengan keberangkatan, tapi menunjukan peningkatan juga. Berdasarkan catatan ada 1,144 penumpang yang datang dengan 71 armada, tahun lalu ada 95 armada dengan 1,082 penumpang,” jelasnya.

Di sisi lain, lonjakan penumpang membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung menggencarkan pengawasan dan pengamanan selama lebaran. Di samping ikut memantau arus mudik, instansi penegak perda ini juga melaksanakan patroli lantaran sebagian tempat tinggal ditinggal para pemudik.

Baca juga:  Mudik Gratis Dengan Kapal, Kemenhub Anggarkan Rp 20 miliar

Kasatpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengatakan, pihaknya telah melakukan pengawasan yang ketat sejak Jumat (31/5). Bahkan, tidak kurang dari 150 personel dikerahkan tiap hari bekerjasama dengan aparat lainnya, seperti TNI, Polri, BPBD, Dinas Kebakaran.
“Selain memantau arus mudik, kami juga menggencarkan patroli kewilayahan. Sejumlah personel juga telah ditempatkan di beberapa titik vital. Seperti di Bandara dan Terminal Tipe A Mengwi,” paparnya.

Bagaimana dengan upaya pemeriksaan dan penertiban penduduk pendatang? Suryanegara menyatakan akan dilakukan mulai H+1 lebaran. “Untuk penduduk pendatang, kami akan mengintenskan pemeriksaan saat H+1 Idul Fitri. Ini untuk keamanan dan kenyamanan bersama,” katanya. (Parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.