Arus lalu lintas di simpang Jalan Pantai Berawa-Jalan Raya Canggu, Senin (3/6). (BP/rah)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Situasi lalu lintas H-2 hari raya Idul Fitri, kendaraan bermotor (ranmor) khususnya mobil  lalu-lalang di wilayah Kabupaten Badung. Turis domestik tersebut memanfaatkan libur Lebaran menikmati objek wisata di Bali.

Kasatlantas Polres Badung Iptu Kanisius Franata menyatakan, situas lalu lintas saat ini lancar, cuma jalur menuju objek wisata lumayan padat. “Kepadatan kendaraan terjadi di wilayah Canggu dan Seminyak. Di Terminal Mengwi tidak sepadat seminggu lalu, sekarang tidak begitu ramai,” ujarnya, Senin (3/6).

Dari pantauannya, mayoritas kendaraan yang memadati objek wisata dari luar Bali. Oleh karena itu, jalur yang diatensi Polres Badung yaitu sepanjang Jalan Sunset Road Barat sampai Kerobokan dan Jalan Gatot Subroto Barat. “Kalau titik kemacetan terjadi di Simpang Lio (Jalan Tangkuban Perahu-Jalan Raya Kerobokan), wilayah Kerobokan, Padonan dan Berawa,” ungkap Kanisius.

Dalam rangka pengamanan arus mudik, Polres Badung membuat dua pos untuk memberikan pelayanan dan pengamanan arus mudik yaitu Pos Pengamanan di Jalan Raya Sempidi dan Pos Pelayanan di Terminal Mengwi. Pengamanan di Jalan Raya Sempidi dilengkapi sarana dan prasarana pendukung, di antaranya pelayanan kesehatan, mobil derek dan pemadam kebakaran. Pos ini difungsikan untuk memantau arus lalu lintas dan sebagai tempat istirahat pemudik. “Pos-pos itu difungsikan mulai 29 Mei sampai 15 Juni,” tandasnya.

Baca juga:  Pramuwisata Ilegal Divonis Puluhan Juta

Selain itu, disiapkan 133 personel dalam mengurai kemacetan. Dalam pengamanan arus mudik ini, Polres Badung di-back up personel TNI. Sebelum pelaksanaan Operasi Ketupat Agung 2019, personel yang terlibat sudah diberikan petunjuk dan pelatihan cara bertindak dalam menangani arus mudik, terutama cara pencegahan jika terjadi kemacetan arus lalu lintas, kecelakaan, dan kejahatan yang dapat mengganggu situasi kamtibmas. (Ngurah Kertanegara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.