AKBP Priyanto Priyo Hutomo. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Polres Gianyar menyiapkan operasi Ketupat Agung 2019 untuk mengamankan rangkaian perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah. Ratusan personel disiagakan untuk melakukan operasi ini. Pengamanan ekstra disiapkan di Kecamatan Sukawati dan Kecamatan Ubud.

Kapolres Gianyar AKBP Priyanto Priyo Hutomo ditemui beberapa waktu lalu menyatakan, sebanyak 248 personel akan melakukan pengamanan di wilayah hukum Polres Gianyar. Jumlah ini merupakan gabungan jajaran Kepolisian Resor Gianyar sebanyak 98 personel ditambah penebalan dari Polda Bali sebanyak 150 personel.

AKBP Priyanto menjelaskan, Kecamatan Sukawati dan Ubud akan menjadi titik fokus pengamanan. Hal ini mengingat kunjungan wisatawan domestik pada hari raya Lebaran tahun lalu meningkat pada objek wisata di dua kecamatan tersebut. “Kami lebih ke pengurangan kepadatan, khususnya wisatawan. Personel yang terlibat operasi dan penebalan nanti kami bagi dua. Sukawati dan Ubud yang paling menjadi atensi,” ujarnya.

Baca juga:  Amankan Idul Fitri, Polda Kerahkan Ribuan Personel

Selain Kecamatan Sukawati dan Ubud, terdapat 23 titik lagi yang menjadi fokus pengamanan. Di titik-titik ini dilakukan pengamanan oleh gabungan antara lalu lintas dan patroli sabhara dari polres dan polsek setempat. Pengamanan berlangsung selama 16 jam mulai pukul 07.00 hingga 23.00 Wita, tergantung tingkat kepadatan pengendara.

Pihaknya juga menggunakan diskresi, terutama di traffic light tidak berpatokan pada lamanya waktu yang otomatis tapi melihat kepadatannya. Untuk memudahkan proses pemantauan, Polres Gianyar memanfaatkan sarana IT seperti TV, laptop dan memasang jaringan Wifi. Semua ini untuk melakukan proses monitoring kepadatan kendaraan. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.