Pembukaan rute baru Vietjet Air dari Vietnam ke Bali. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Vietnam terus mengembangkan pariwisata, begitu juga Indonesia. Adanya kerja sama penerbangan langsung akan berdampak bagi kedua negara dalam saling mendukung peningkatan kunjungan wisatawan.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, adanya penerbangan dari Vietnam ke Bali (PP) diharapkan kunjungan wisatawan ke Indonesia terus meningkat. Apalagi keinginan warga Vietnam untuk berlibur semakin meningkat. “Begitu juga sebaliknya, warga Indonesia akan mudah berlibur ke luar negeri, salah satunya ke Kota Ho Chi Minh yang memiliki objek wisata menarik,” katanya di sela pembukaan rute baru Vietjet Air dari Vietnam ke Bali, Rabu (29/5).

Ditambahkannya, adanya rute penerbangan internasional Vietjet Air dapat menjadi momentum baik bagi Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dalam rangka merealisasikan pencapaian target 20 juta wisman. Khususnya wisatawan asal Vietnam dengan target 100.000 pada tahun 2019. Hal ini disebabkan wisman yang datang ke Indonesia 80 persen menggunakan jalur udara sehingga seat capacity moda transportasi udara menjadi kunci untuk meraih target tersebut.

Sementara itu, pertumbuhan Full Service Carrier (FSC) rata-rata hanya 12 persen jauh di bawah Low Cost Carrier (LCC) yang naik rata-rata 21 persen per tahun. Oleh karena itu, LCC seperti Vietjet Air adalah senjata ampuh untuk mendorong pertumbuhan jumlah wisman. Maskapai berbiaya rendah ini menyumbang kontribusi peningkatan kunjungan wisman 20 persen.

Baca juga:  Kunjungan Wisman ke Badung Turun 5,46 Persen

Pembukaan rute baru tersebut juga sebagai salah satu upaya meningkatkan nilai perdagangan dan investasi bilateral serta tingkat kunjungan wisatawan antara kedua negara. Bali dipilih menjadi destinasi pertama Vietjet Air di Indonesia karena sangat populer di pasar Vietnam berkat perpaduan keindahan dan kekayaan alam, religi, dan budaya yang dimiliki Pulau Dewata. Momentum ini pun diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi rute penerbangan internasional Vietjet Air ke destinasi-destinasi lainnya di Indonesia.

Maskapai Vietjet Air mulai melakukan penerbangan langsung dengan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 tempat duduk dari Tan Son Nhat International Airport (Ho Chi Minh City) menuju Bandara Internasional Gusti Ngurah Rai (Bali) pergi pulang. Pembukaan rute baru ini diawali penyambutan maskapai VJ893 di Bandara Ngurah Rai dengan water cannon di landasan lapangan udara, pengalungan bunga serta pemberian cenderamata kepada penumpang. (Yudi Karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.