menulis
Siswa SD sedang belajar di kelas. (BP/dok)

GIANYAR, BALIPOST.com – Puluhan sekolah dasar (SD) dan SMP kini mengalami kekosongan posisi kepala sekolah. Pengisian jabatan itu rencananya akan dilakukan oleh Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, dalam waktu dekat ini.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, I Wayan Sadra, mengungkapkan sejumlah sekolah negeri di Kabupaten Gianyar memang diisi oleh Plt kepala sekolah. Posisinya diisi oleh guru senior di masing-masing sekolah tersebut. “Sudah ditunjuk guru senior di sekolah tersebut, karena kan tentunya dia yang mengetahui kondisi sekolah,” katanya.

Saat ini 4 dari 23 SMP negeri memiliki kepala sekolah yang dijabat Plt, yakni SMPN 3 Payangan, SMPN 1 Tampaksiring, SMPN 4 Sukawati dan sekolah baru berdiri SMPN 3 Blahbatuh. Sementara untuk sekolah dasar dari yang jumlahnya 281, 23 diantaranya diisi oleh Plt kepala sekolah. “Jadi total ada 27 SMP dan SD Negeri yang diisi oleh Plt kepala sekolah,” katanya.

Baca juga:  Krisis, Sejumlah Sekolah Dibiarkan Tanpa Kepala Sekolah

Dikatakan banyaknya jabatan Kepsek yang kosong karena dominan kepala sekolah negeri memasuki masa pensiun. Ada yang pensiun akhir 2018, ada juga yang pensiun awal tahun ini. “Sementara bapak bupati baru bisa melakukan pengisian beberapa bulan setelah dilantik,” katanya.

Memasuki pertengahan tahun ini, Sadra memastikan sejumlah posisi kepala sekolah itu sudah akan diisi. “Nanti akan ada penyesarahan SK kepala sekolah, kepada guru yang ditunjuk,” ungkapnya.

Dikatakan puluhan posisi itu tentunya akan diisi oleh guru PNS, yang sudah memiliki sertifikat calon kepala sekolah. Sadra juga menambahkan jumlah guru yang memiliki sertifikat itu masih memadai di Kabupaten Gianyar. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.