MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menerima hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah Kabupaten Badung dari Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Bali Dr. Drs. Sri Haryoso Suliyanto. Acara dilaksanakan di ruang pertemuan BPK RI Perwakilan Provinsi Bali, Jumat (24/5).

Hadir dalam Acara tersebut Para kepala daerah Kabupaten Kota se Bali, turut hadir Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Sekab Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah I Ketut Gede Suyasa, Kepala Inspektorat Badung Luh Suryaniti, Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta.

Baca juga:  Sekda Adi Arnawa “Mulang Pakelem” di Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Bali Sri Haryoso Suliyanto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi amanat undang-undang no 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara pasal 17 ayat 2 yang menyatakan bahwa laporan hasil pemeriksaan atas LKPD disampaikan kepada DPRD selambat-lambatnya 2 bulan sejak menerima laporan keuangan dari pemerintah daerah.

Laporan keuangan Pemerintah daerah tahun 2018 disusun berdasarkan standard akuntansi pemerintah berbasis akruel dan dari 10 laporan yang ada sudah tepat waktu dari waktu yang ditetapkan. Sesuai dengan visi dan misi BPK, senantiasa untuk turut serta dalam meningkatkan tata kelola keuangan yang baik melalui pemeriksaan keuangan.

Baca juga:  Bali Tak Melulu Pariwisata, Perlu Dikembangkan Sektor Lain

Dari laporan ini menghasilkan opini atas laporan keuangan dan rekomendasi terkait pengendalian intern dan kepatuhan terhadap perundang-undangan. “Kami berharap pemerintah labupaten/kota se Bali terus meningkatkan kualitas pengelolaan kuangan daerah serta pelayanan,” jelasnya.

Usai acara Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mengatakan, keberhasilan pemerintah Kabupaten Badung meraih WTP dari hasil pemeriksaan keuangan tahun anggaran 2018 merupakan kerja keras seluruh pimpinan OPD beserta jajaran di lingkungan pemerintah kabupaten Badung. “Kami sangat mengapresiasi kerja keras ini semoga ke depannya dapat dipertahankan dan bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik dan transparan. Kami akan selalu memberikan yang pelayanan yang terbaik bagi masyarakat apalagi yang menyangkut dalam pengelolaan keuangan,” ucapnya.

Baca juga:  Bantu Korban Gempa, BPBD Badung Tunggu Kajian Tim Teknis

Sementara itu Kepala Inspektorat Kab. Badung Luh Suryaniti mengatakan, penghargaan ini merupakan sebuah tantangan ke depan bagi pemerintah Kabupaten Badung dalam dalam memberikan laporan dalam melaksanakan pengelolaan keuangan yang baik dan bijak. “Ini tentu menjadi ujian bagi kami di pemerintahan kabupaten Badung untuk tetap bekerja secara bijak dan jujur untuk menuju masyarakat Badung yang kuat dan sejahtera,” ucapnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *